Perhatikan Etika Ini Saat Menjenguk Orang Sakit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menjenguk Orang Sakit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjenguk orang sakit merupakan prilaku yang baik dan terpuji. Meski begitu, ada etika yang perlu diketahui, agar niat mulia Anda tidak menjadi petaka bagi yang sakit. Contohnya, ketika menjenguk teman yang alergi makanan tertentu, Anda justru memberikan itu sebagai buah tangan.

Menjenguk merupakan salah satu bagian penting dalam proses pemulihan pasien. Namun saking asyiknya berkunjung, tak jarang Anda justru berlama-lama, sementara si pasien juga perlu beristirahat. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut Anda wajib memahami benar etika yang berlaku ketika menjenguk orang sakit, seperti dilansir dari laman hellosehat.

Bertanya kepada pasien

Tananyakan kesediaan pasien, apakah mereka senang dengan kedatangan Anda atau justru merasa terganggu waktu istirahatnya. Jika mereka tidak bersedia, jangan memaksa. Bila mereka mengizinkan menjenguk, datanglah pada jam yang telah rumah sakit tentukan. Selain itu, usahakan untuk tidak melewati jam yang telah ditentukan rumah sakit.

Tidak membawa banyak orang

Saat menjenguk teman atau kerabat di rumah sakit, pastikan tidak membawa orang terlalu banyak. Hal ini dapat mengganggu penjenguk atau pasien lainnya yang ingin beristirahat. Selain itu, hindari membawa anak kecil ke rumah sakit untuk menghindari penularan penyakit kepada anak-anak.

Mencuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk

Rumah sakit tempat Anda menjenguk adalah sarang dari kuman dan bakteri, terutama dari orang-orang sakit. Oleh karena itu, membiasakan mencuci tangan sebelum dan setelah memasuki kamar agar terhindar dari penularan penyakit.

Ubah ponsel ke mode getar

Setiap rumah sakit biasanya memiliki peraturan yang berbeda, seperti, wajib mematikan ponsel atau mengubahnya ke mode getar. Hal ini bertujuan ketika Anda menerima pesan atau telepon, tidak ada suara yang dapat mengganggu kenyamanan pasien.

Menjenguk dengan durasi yang singkat

Jangan berkunjung terlalu lama. Keberadaan Anda yang telah meluangkan waktu untuk menjenguk pasien tentu membuat mereka senang. Akan tetapi, berlama-lama dan mengajak orang yang Anda jenguk mengobrol terus-menerus, bukan sikap yang baik. Sebab, pasien membutuhkan istirahat yang cukup.

Perhatikan hadiah atau bingkisan untuk pasien

Saat menjenguk orang sakit, kebanyakan orang biasanya membawa buah tangan agar pasien cepat sembuh dan membuatnya semangat. Namun, perhatikan hadiah yang akan Anda berikan. Lebih baik bertanya kepada pasien tentang benda atau makanan yang bukan menjadi pantangan pasien.

Populer video

Berita lainnya