Mengulik Potensi Manfaat Minum Air Lemon Sebelum Tidur bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Air Lemon
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jeruk lemon mengandung banyak nutrisi yang kaya manfaat, terutama vitamin C dengan sifat antioksidan dan dapat membantu memperkuat imun tubuh. Nah, ternyata minum air lemon sebelum tidur dapat menguntungkan bagi kesehatan, lho. Meski bukti penelitian atas klaim manfaat minum air lemon hangat sebelum tidur masih terbatas, tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba. Melansir laman sehatQ, berikut manfaatnya.

Mengurangi gejala pilek

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman panas dapat membantu mengurangi gejala pilek dan flu. Karenanya, minum air lemon hangat sebelum tidur dipercaya dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Selain itu, vitamin C pada lemon juga diklaim berpotensi mempersingkat durasi pilek walaupun hal ini masih memerlukan bukti penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan suasana hati

Tubuh yang cukup terhidrasi tidak saja dapat berfungsi dengan baik, tetapi juga memiliki suasana hati lebih baik. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, seseorang dapat meningkatkan ketenangan dan kepuasan serta tidur lebih baik. Bagi sebagian orang, minum air lemon sebelum tidur juga dapat membuatnya lebih rileks dan membantu tidur lebih nyenyak.

Detoksifikasi alami bagi tubuh

Minum air hangat, termasuk yang ditambah lemon dapat menjadi cara alami untuk membantu detoksifikasi tubuh dan memperbaiki pencernaan. Beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Membantu membuang racun yang tidak diperlukan tubuh
  • Meningkatkan produksi keringat
  • Menghilangkan kelebihan garam atau racun
  • Membersihkan sel-sel kulit
  • Meredakan rasa sakit atau kram di perut

Penambah rasa alami

Bagi sebagian orang, rasa air putih mungkin terlalu hambar dan membuatnya sulit dikonsumsi. Menambahkan perasan lemon dapat membantu menambah rasa di samping memberikan tambahan nutrisi dan dukungan bagi imun tubuh untuk melawan infeksi.

Menurunkan berat badan

Sebuah studi pada tahun 2019 menunjukkan bahwa meningkatkan asupan cairan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Khususnya jika minuman dengan tambahan pemanis diganti dengan cairan lain seperti air putih dengan 0 kalori. Air lemon memiliki kalori rendah dengan manfaat yang tidak jauh berbeda. Ini juga dapat membantu perut lebih kenyang sehingga terhindar dari keinginan makan kudapan sebelum tidur.

Populer video

Berita lainnya