Menguak Fakta Menarik Tentang Bulu Hidung

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mencabut Bulu Hidung
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda merasa risih mendapati bulu hidung yang keluar dari lubang hidung. Faktanya, bulu hidung bukan sekadar bagian tubuh yang muncul begitu saja. Ada berbagai manfaat dari bulu hidung, yang salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh. Melansir laman klikdokter, berikut beberapa fakta unik tentang bulu hidung.

Menyebabkan infeksi bila dicabut

Memiliki bulu hidung panjang sampai keluar dari lubang hidung, bisa membuat Anda tergoda untuk mencabutnya. Meski terlihat mengganggu, jangan sampai Anda mencabutnya. Sebab, mencabut bulu hidung akan meningkatkan risiko infeksi. Tindakan ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri. Ketimbang mencabut, Anda disarankan untuk menggunting bulu hidung.

Gunting bulu hidung dalam posisi tertentu

Sebagian besar orang mungkin kesulitan menggunting bulu hidung karena belum terbiasa. Caranya, tekan ujung hidung Anda sehingga isi hidung lebih mudah terlihat. Lalu, gunting dengan gerakan melingkari lubang hidung, agar lebih mudah menggunting bulu hidung tersebut.

Menghilangkan bulu hidung tidak membuatnya tumbuh lebih cepat

Tidak seperti rambut di bagian tubuh lain, bulu hidung tidak akan tumbuh lebih cepat ketika digunting. Penting juga diketahui, mencabut bulu hidung bisa saja mencegahnya dari tumbuh kembali. Hal ini tentu akan mengurangi perlindungan pada hidung Anda.

Bulu hidung yang tipis bisa meningkatkan risiko asma

Permukaan area yang lebih kecil dengan rambut yang tipis, akan memudahkan benda asing untuk masuk ke dalam hidung dan tidak tersaring oleh rambut hidung. Apabila ada benda berbahaya masuk ke dalam sistem pernapasan, kondisi ini cenderung akan menyebabkan penyakit seperti asma.

Bulu hidung selalu bergerak

Meski dengan gerakan kecil, bulu hidung akan selalu bergerak. Ketika bernapas, bulu hidung akan bergerak untuk menangkap partikel kecil yang masuk ke dalam hidung. Kemudian, partikel tersebut dijadikan satu dan terbentuklah lendir.

Ketebalan bulu dan warna bisa berubah

Semakin bertambahnya usia, hormon dalam tubuh manusia pun mengalami perubahan. Perubahan hormon tersebut akan ikut memengaruhi rambut pada tubuh, tidak terkecuali bulu hidung. Hal yang sering tampak adalah bulu yang semakin tebal, dan menjadi semakin gelap.

Suhu hangat bisa mengendurkan ingrown hair

Rambut yang sudah tumbuh tetapi mengerut di bawah kulit (ingrown hair) dapat menyebabkan infeksi dan menyulitkan untuk keluar dari bawah kulit. Hal ini juga berlaku pada bulu hidung.

Untuk mengatasinya, masukkan sedikit kain yang sudah dihangatkan ke dalam lubang hidung dan lakukan gerakan seperti mengupil. Gerakan tersebut akan memberi stimulasi. Bila terasa gatal, berarti bulu hidung tersebut sedang berusaha keluar.

Dapat tumbuh panjang

Rata-rata, manusia akan memiliki bulu hidung yang sebetulnya mampu tumbuh lebih dari 1.8 meter sepanjang hidupnya dari satu folikel rambut saja. Namun, pertumbuhan tersebut tidak terjadi karena bulu hidung bisa rontok akibat embusan udara dari hidung ataupun memotongnya.

Populer video

Berita lainnya