Kenali Makanan yang Dapat Merusak Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Kulit Kering di Bawah Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain diperuntukkan menjaga berat badan, beberapa orang mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab pada kenyataannya, apa pun yang Anda konsumsi bisa memengaruhi kondisi kulit. Jadi, bila ingin punya kulit yang sehat, sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini seperti dilansir dari laman halodoc.

Makanan tinggi lemak

Daging tinggi lemak, makanan cepat saji, dan makanan berpengawet semuanya mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kandungan lemak yang tinggi ini memicu produksi insulin, yang akhirnya memicu hormon yang menyebabkan jerawat. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan tersebut masih diperbolehkan, asal dalam batas wajar.

Makanan indeks glikemik tinggi

Makanan seperti roti putih dan kentang ternyata juga bisa merusak kulit. Selain dapat menyebabkan timbul jerawat, tetapi juga dikaitkan dengan penuaan dini. Kandungan gula pada makanan tersebut dapat memicu proses glikasi, di mana molekul gula menempel pada kolagen di kulit.

Makanan dengan glikemik tinggi juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Ketika tubuh memiliki kelebihan insulin, hal ini dapat merangsang produksi hormon androgen dan sebum di kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

Susu dan produk turunannya

Susu sapi ternyata mampu meningkatkan kadar insulin dan beberapa merek susu sapi mengandung hormon pertumbuhan. Sementara peningkatan insulin akan menambah kadar kortisol dalam sirkulasi yang mengikat kelenjar sebaceous, sehingga memicu produksi sebum.

Produk turunannya pun memberikan efek yang sama. Meski begitu, susu merupakan sumber utama kalsium dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Minuman beralkohol

Selain dapat memengaruhi fungsi hati, minuman yang satu ini juga bisa merusak kulit. Alkohol bersifat diuretik, yakni mampu mengeluarkan cairan dalam tubuh. Kurangnya cairan tentu mengurangi kelembaban kulit. Akibatnya, kulit yang kering membuat garis-garis halus dan kerutan.

Cokelat

Kandungan karbohidrat pada cokelat melalui proses metabolisme yang sama seperti gula. Artinya karbohidrat ini dapat menyebabkan keriput dengan merusak kolagen di kulit. Kandungan gula tinggi yang sering ditemukan pada permen dan cokelat dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu respon peradangan tubuh.

Populer video

Berita lainnya