Beda Bentuk dan Rasa, Ini 4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tipe Pizza
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan roti berbentuk lingkaran dengan irisan daging sapi, jamur dan saus tomat. Ya, pizza memang menjadi menu yang populer di penjuru dunia. Selain menjadi obat penghilang rasa lapar, pizza juga kerpa dijadikan sajian yang tepat saat berkumpul bersama orang terdekat.

Seiring perkembangan zaman dan selera masyarakat, pizza kini pun telah bertransformasi dengan berbagai modifikasi dan keunikannya. Ternyata, banyak sekali variasi pizza di luar sana yang tidak kalah menarik dengan berbagai rasa, bentuk, hingga cara penyajiannya. Berikut 4 variasi pizza unik yang mungkin belum Anda ketahui.

Pizza Siciliana

Ketika membayangkan pizza, mungkin yang terlintas dalam benak Anda adalah bentuknya yang bundar. Nah, berbeda dengan pizza pada umumnya, Pizza Siciliana atau yang biasa disebut Sfincione ini disajikan dalam bentuk persegi panjang dengan crust atau pinggiran yang tebal. Selain itu, teksturnya juga lebih kenyal jika dibandingkan dengan adonan pizza biasa.

Pizza Romana

Dari cara penyajiannya, Pizza Romana ditempatkan pada loyang berbentuk lingkaran ataupun persegi panjang seperti Pizza Siciliana. Keunikan pizza ini terletak pada tipisnya adonan roti sehingga menghasilkan tekstur luar dalam yang renyah layaknya biskuit.

Dalam proses pembuatannya, adonan Pizza Romana telah melalui proses fermentasi selama dua hari untuk menghasilkan adonan yang lebih crispy ketika keluar dari oven. Saking tipisnya, seringkali orang merasa tidak kenyang ketika makan Pizza Romana sehingga hanya disajikan sebagai appetizer atau makanan pembuka.

Chicago Pizza

Pizza ini berasal dari luar benua Eropa, tepatnya Kota Chicago, Amerika Serikat. Pizza Chicago juga dikenal dengan nama Deep Dish Pizza, dengan memiliki ciri khas topping yang diletakkan di dalam adonan crust yang tebal dan tinggi, dan diselimuti lapisan saus tomat berlimpah sehingga terlihat seperti kue pie.

Calzone Pizza

Jenis pizza yang satu ini bisa dikatakan memiliki bentuk yang paling unik dari pizza lainnya. Berasal dari Naples, Italia, Pizza Calzone juga dikenal sebagai pizza lipat karena bentuknya yang setengah lingkaran. Sekilas, bentuk Pizza Calzone ini juga menyerupai jajanan khas Indonesia, yaitu kue pastel.

Keunikan Pizza Calzone terletak pada topping, seperti saus tomat, keju mozarella, daging olahan, dan sayuran yang dijadikan sebagai isian atau filling di dalam adonan roti.

Populer video

Berita lainnya