Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Agar Lebih Pede

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sifat Pemalu
Foto: Istimewa

Celebrihtink.com – Perasaan malu adalah manusiawi dan wajar dialami siapa saja. Namun jika rasa malu itu muncul secara berlebihan di berbagai aspek kehidupan, tentunya sangat mengganggu. Lantas bagaimana cara menghilangkan sifat malu agar lebih percaya diri?

Rasa malu dipercaya akan peluang di dalam hidup. Pasalnya, perasaan ini bisa membuat seseorang menghindari situasi publik hingga berbicara dengan orang lain. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa cara agar tidak malu dan percaya diri bagi anak-anak dan orang dewasa.

Berlatih untuk tersenyum

Tersenyum dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan sifat pemalu, khususnya pada anak-anak. Pasalnya, tersenyum dapat berdampak baik pada suasana hati Anda. Sebuah studi yang dimuat dalam situs American Psychological Association, tersenyum dapat membantu anak-anak mengatasi rasa malu dan kecemasan sosial di dalam situasi menakutkan.

Berbicara dengan teman

Bagi seseorang yang pemalu, mungkin berbicara dengan orang lain sambil menatap ke arah matanya terasa menakutkan. Tapi, cobalah cari teman dekat yang dapat Anda percaya dan bicaralah kepadanya. Dengan berinisiatif untuk memulai pembicaraan dan mengekspresikan diri kepada teman, dapat membantu Anda mengatasi rasa malu dan kecemasan sosial.

Cari tahu penyebab perasaan malu

Cara mengubah sifat pemalu jadi pemberani dapat dilakukan dengan mencari tahu sumber perasaan malu yang Anda rasakan. Ketika Anda sudah mengetahui akar dari rasa malu itu, Anda dapat lebih mudah mencari solusinya.

Cara ini juga bisa diaplikasikan pada anak yang mungkin pernah terlibat dalam situasi memalukan di sekolah. Bantu anak untuk belajar dan melupakan momen tersebut, serta minta si kecil belajar dari kesalahannya.

Identifikasi pemicu rasa malu

Setiap orang memiliki pemicu rasa malunya masing-masing, seperti berbicara di depan publik, berhadapan dengan atasan, atau mengajak seseorang untuk makan malam. Ketika sudah mengetahui apa pemicu rasa malu, Anda dapat melatih diri untuk menghadapi situasi tersebut.

Eksplor bakat dan kelebihan diri

Terkadang, rasa malu yang dirasakan anak-anak atau orang dewasa bisa datang akibat merasa tidak percaya diri dengan kekurangan yang dimiliki. Cara mengatasi anak pemalu dan penakut yang bisa dicoba adalah mengeksplorasi bakat dan kelebihan diri. Mintalah bantuan teman atau keluarga untuk mengutarakan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh anak Anda.

Ajak orang terdekat pada situasi tertentu

Ketika Anda atau anak merasa malu saat harus datang ke sebuah pesta atau pertemuan penting, Anda dapat membawa orang-orang tepercaya untuk ikut, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan.

Dengan begitu Anda akan lebih percaya diri dalam menghadapi situasi sosial. Dengan harapan, ke depannya Anda akan terbiasa dan tidak perlu lagi mengajak orang lain saat harus mendatangi acara-acara serupa di lain kesempatan.

Melatih kemampuan bersosialisasi

Salah satu penyebab anak pemalu yang perlu diatasi adalah minimnya kemampuan bersosialisasi. Guna mengatasinya, orangtua perlu lebih giat mengajaknya berkomunikasi. Jika memang anak belum siap untuk mempraktikkan kemampuan sosialnya di tengah masyarakat, ajaklah ia berlatih di dalam rumah. Jadikan orangtua sebagai lawan bicaranya.

Beri hadiah pada diri sendiri

Jika sudah berhasil mengalahkan rasa takut dan malu, tak ada salahnya memberikan hadiah untuk diri sendiri. Hal ini dapat memotivasi Anda untuk lebih percaya diri lagi saat harus berhadapan dengan situasi sosial. Cara mengubah sifat pemalu jadi pemberani ini juga bisa dipraktikkan pada anak supaya ia bisa lebih semangat dalam mengalahkan rasa malunya.

Populer video

Berita lainnya