Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Victim Mentality

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Victim Mentality
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Victim mentality merupakan keadaan seseorang yang merasa sebagai korban atas pengalaman tidak menyenangkan. Mereka juga meyakini bahwa hal buruk yang terjadi selalu menimpa mereka. Seseorang yang mengalami victim mentality akan selalu merasa berada dalam keadaan yang buruk dan tidak berusaha keluar dari pemikiran tersebut.

Kondisi ini pada umumnya berakar pada trauma, kesusahan, dan rasa sakit seseorang. Melansir laman klikdokter, berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami victim mentality.

Selalu Menghindari Tanggung Jawab

Salah satu tanda seseorang mengalami victim mentality adalah selalu menghindari tanggung jawab dengan menyalahkan orang lain di sekitarnya. Orang dengan victim mentality juga akan menempatkan kesalahan di tempat lain. Sering mencari alasan, tidak bertanggung jawab, serta menganggap bahwa ia hanyalah korban di setiap masalah hidup yang datang.

Tidak Mencari Solusi dari Permasalahannya

Salah satu ciri dari victim mentality lainnya selalu menolak alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi dan berpikir kalau masalahnya tidak ada jalan keluar. Orang yang memiliki victim mentality tidak akan tertarik untuk membuat perubahan dalam hidupnya. Ia akan menolak bantuan dari pihak lain dan hanya tertarik untuk mengasihani dirinya sendiri.

Memiliki Perasaan Tidak Berdaya

Seseorang dengan victim mentality selalu merasa tidak berdaya dalam mencari pemecahan masalah. Karena merasa sebagai korban, ia akan merasa tidak berdaya ketika masalah datang. Merasa tidak memiliki kekuatan untuk mengubah keadaan yang buruk menjadi lebih baik.

Ada kalanya memang seseorang tidak mampu mengubah suatu keadaan. Namun, orang dengan victim mentality lebih kepada tidak ingin daripada benar-benar tidak mampu.

Berpikir Negatif pada Diri Sendiri

Seseorang dengan mentalitas korban akan selalu memiliki pikiran negatif pada dirinya sendiri. Jika self-talk negatif tersebut terus dilakukan, maka seiring berjalannya waktu pemikiran tersebut akan tertanam pada diri sendiri. Pertahanan dalam diri pun akan rusak dan sulit untuk bangkit menghadapi tantangan atau masalah yang datang.

Kurang Pede

Orang dengan mentalitas korban biasanya memiliki krisis kepercayaan diri. Inilah yang membuatnya semakin memantapkan posisi sebagai korban. Berpikir bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan untuk mewujudkan impian. Kacamata negatif yang mereka selalu gunakan untuk melihat diri sendiri justru membuatnya sulit melihat keberhasilan di depan mata.

Merasa Frustrasi dan Marah

Victim mentality membuat seseorang selalu merasa benci, frustrasi, dan marah pada hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia frustrasi dan marah dengan dunia yang tampaknya tidak mendukungnya. Ia putus asa karena keadaan di dalam hidupnya tidak pernah berubah.

Populer video

Berita lainnya