Perawatan Kulit yang Perlu Anda Lakukan Rutin Setiap Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Perawatan Kulit Tiap Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seiring bertambahnya usia, kulit akan melemah, elastisitasnya berkurang, hingga menjadi tipis. Jika tidak dirawat sejak dini, kulit pun akan menjadi lebih cepat kering, keriput dan kusam. Oleh karenanya dianjurkan untuk melakukan perawatan agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Dengan rutin melakukan perawatan serta menggunakan produk skincare yang tepat, anda bisa merasakan manfaatnya. Seperti melindungi dan menjaga kelembapan kulit, hingga memperlambat proses penuaan alami pada kulit. Pada intinya, kunci utama perawatan kulit adalah mencuci, melembapkan, melindungi, dan mencegah kulit dari kerusakan. Melansir laman alodokter, berikut beberapa perawatan kulit yang perlu dilakukan secara rutin.

Mencuci muka

Idealnya, mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari. Pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, untuk membersihkan wajah dari debu, kuman, polusi, dan minyak atau sebum berlebihan yang menempel di kulit.

Selain itu, pilihlah sabun pembersih wajah yang berbahan kimia lembut dan tidak mengiritasi kulit. Ini karena pembersih wajah dengan bahan kimia keras bisa membuat minyak alami kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kering dan iritasi.

Menggunakan pelembab

Rutin menggunakan pelembap wajah termasuk perawatan kulit yang penting untuk dilakukan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit, serta mencegah kulit menjadi kering dan rusak. Guna menjaga kelembapan dan tekstur alami kulit, Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan humektan, misalnya glycerin, hyaluronic acid, ekstrak lidah buaya, dan urea.

Memakai serum

Serum adalah produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang lebih kuat untuk menutrisi kulit sehingga lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit, seperti hiperpigmentasi, kulit kusam, dan penuaan.

Selain serum, essence juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu rangkaian skincare ruin Anda. Kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja tekstur essence umumnya lebih cair dibandingkan serum.

Menggunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya adalah salah satu perawatan kulit yang wajib Anda lakukan setiap hari, baik ketika di luar maupun di dalam ruangan. Produk ini dapat melindungi Anda dari bahaya paparan sinar matahari atau sinar UV berlebihan yang dapat menyebabkan sunburn, penuaan dini kulit, flek hitam, atau bahkan kanker kulit.

Agar bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV secara optimal, Anda dianjurkan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Cobalah gunakan sunscreen dengan kandungan zinc oxide, titanium dioxide, iron oxide, atau avobenzone yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan UVA dan UVB.

Populer video

Berita lainnya