Begini Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Produktivitas Kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meningkatkan produktivitas kerja akan membantu anda menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sebab, anda akan menghemat waktu karena menjadi lebih fokus, sehingga pekerjaan pun cepat selesai. Lantas bagaimana caranya meningkatkan produktivitas kerja? Dilansir dari laman alodokter, ikuti cara ini.

Buat daftar dan jadwal pekerjaan

Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat kewalahan. Cobalah mengaturnya perlahan dengan membuat daftar hal-hal yang perlu anda lakukan. Mulai dari apa yang perlu dilakukan selama satu hari, hingga satu minggu. Letakkan hal penting yang perlu anda lakukan di bagian paling atas. Selain membuat pekerjaan menjadi efektif, cara ini juga akan mencegah procrastination.

Siapkan tempat kerja anda dengan baik

Meja kerja yang berantakan dapat memecah konsentari dan menyulitkan anda dalam mencari dokumen atau keperluan kerja lainnya. Walhasil, produktivitas kerja pun jadi terhambat. Cobalah untuk menata meja kerja dengan baik, tanpa meletakkan terlalu banyak barang, terutama yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Hindari hal yang mengganggu konsentrasi

Konsentrasi merupakan kunci dalam meningkatkan produktivitas kerja. Jadi, pastikan anda tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda. Misalnya dengan mematikan nada dering maupun notifikasi di ponsel.

Apabila pekerjaan memungkinkan anda untuk mendengarkan musik, maka pilih musik yang dapat mempertahankan konsentrasi. Misalnya musik instrumental yang membuat anda tetap fokus.

Pastikan area kerja anda nyaman

Kenyamanan juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Jika anda menghabiskan banyak waktu di meja kerja, pastikan menggunakan kursi yang nyaman dengan tinggi yang sesuai dengan postur tubuh dan meja kerja (ergonomis). Hal ini penting untuk menghindari sakit pada bagian punggung dan leher yang dapat mengganggu produktivitas kerja.

Beristirahatlah sejenak

Meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti anda harus memporsir diri tanpa berisitirahat. Setidaknya istirahatlah selama 15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Lakukanlah beberapa hal seperti keluar ruangan, membaca novel, melakukan peregangan ringan, atau mendengarkan musik.

Jika sudah merasa burnout dan merasa tidak bisa menghadapi pekerjaan apapun itu, ambillah cuti dan berlibur sejenak. Hilangkan pikiran anda dari pekerjaan dan lakukanlah hal yang bisa membuat anda senang dan semangat kembali.

Populer video

Berita lainnya