Mengenal 5 Bahasa Cinta, Kamu Termasuk yang Mana?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi pria jatuh cinta
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bahasa cinta merupakan cara seseorang untuk mengungkapkan rasa sayang dan cintanya kepada seseorang, terutama terhadap pasangan. Teori bahasa cinta pertama kali dikenalkan Dr. Gary Chapman pada tahun 1992 lewat bukunya yang berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate. Di situ dijelaskan bahwa setiap orang memiliki salah satu bahasa cinta yang dominan di dalam dirinya.

Bahasa cinta penting untuk dikenali karena merupakan salah salah kunci sukses dalam menjalin hubungan. Hal ini yang akan membuat anda lebih mudah mengekspresikan perasaan cinta dan kasih sayang, sesuai dengan cara yang dia inginkan. Selain itu, mengenali bahasa cinta juga dapat menumbuhkan rasa empati dan mempererat keintiman hubungan. Dilansir dari laman alodokter, berikut 5 bahasa cinta yang perlu anda ketahui.

Words of affirmation

Orang yang memiliki tipe bahasa cinta ini akan menunjukkan dan menerima rasa cinta melalui kata-kata, baik secara verbal ataupun tulisan. Contahnya dalam bentuk apresiasi atau pujian. Mereka yang memiliki bahasa cinta ini memaknai ucapan lebih dalam, dan memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap kata-kata yang diterima dan keluar dari mulutnya.

Acts of service

Bahasa cinta acts of service lebih banyak diungkapkan melalui tindakan, ketimbang kata-kata. Orang yang memiliki tipe bahasa cinta ini mungkin tidak sering mengungkapkan perasaannya melalui ucapan, tapi dia cenderung akan menunjukkannya melalui tindakan.

Mereka akan sepenuh hati membantu atau menolong pasangan. Begitu juga saat menerima perlakuan yang setimpal, dia akan sangat menghargai bentuk pelayanan yang dilakukan oleh pasangannya.

Receiving gifts

Simbol cinta pada tipe pemilik bahasa cinta receiving gifts adalah hadiah. Bukan hanya karena nilai hadiah yang diberikan, tetapi dia juga akan menghargai waktu yang diluangkan dalam mempersiapkan hadiah tersebut. Selain itu, biasanya dia jugaakan selalu mengingat setiap hadiah yang diberikan.

Jika memiliki pasangan dengan bahasa cinta ini, pilihlah hadiah yang dapat menunjukkan bahwa anda memahaminya dan tulus mencintainya. Namun anda perlu berhati-hati dengan bahasa cinta ini. Sebab bisa saja disalahartikan sebagai perilaku materialistis.

Quality time

Pemilik bahasa cinta quality time akan merasakan dan memperlihatkan rasa cintanya dengan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Umumnya dia merasa dicintai ketika pertemuan yang dilakukan diisi dengan komunikasi yang berkualitas, seperti deep talk, bertukar pikiran, atau untuk curhat.

Saat sedang menghabiskan waktu dengan pasangan, pemilik bahasa cinta ini tidak akan setengah-setengah dalam menaruh perhatiannya. Bahkan, dia mungkin akan mematikan telepon seluler, supaya waktu yang dihabiskan bersama pasangan menjadi lebih intim tanpa gangguan.

Physical touch

Orang yang memiliki bahasa cinta ini akan menunjukkan kasih sayangnya melalui sentuhan fisik, misalnya menggenggam tangan, memeluk, membelai, atau mencium.

Populer video

Berita lainnya