4 Cara Alami Mencerahkan Kulit Leher

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mencerahkan Kulit Leher
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada beberapa pemicu yang menyebabkan kulit di bagian leher menjadi lebih gelap. Mulai dari paparan sinar matahari, efek samping obat-obatan hingga gangguan hormonal. Tak hanya perubahan warna, tekstur kulit bagian leher juga bisa menjadi lebih kasar dan terasa gatal.

Secara medis, kulit leher gelap yang disertai dengan garis gelap pada kulit bagian belakang leher (acanthosis nigricans) bisa menjadi tanda penyakit diabetes atau resistensi insulin dalam tubuh. Sebenarnya kulit leher yang tampak gelap tidak dapat diputihkan. Namun, anda bisa membuatnya lebih cerah dengan beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari laman alodokter.

Masker madu dan buah

Untuk mencerahkan kulit di bagian leher, anda bisa membuat masker dari bahan-bahan alami, seperti madu, yoghurt, dan buah-buahan. Beberapa jenis buah, seperti lemon, pisang, dan pepaya diketahui bisa mengurangi pigmentasi kulit serta mencerahkan dan menutrisi kulit dengan baik.

Anda bisa mencampur tepung dengan beberapa bahan di atas hingga teksturnya menyerupai pasta, seperti masker pada umumnya. Kemudian, oleskan adonan masker tersebut ke area wajah, leher, dan area kulit lain yang terlihat gelap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Cuka apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi pigmentasi. Anda bisa mencampur cuka sari apel dan air matang dengan takaran yang sama. Lalu oleskan ke bagian leher yang terlihat gelap dan diamkan selama kurang lebih 2–3 menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung senyawa aloin, yaitu agen pigmentasi alami. Caranya adalah dengan mengoleskan gel alami lidah buaya pada area kulit yang terlihat gelap. Lakukan hal ini di malam hari sebelum tidur, kemudian bersihkan ketika anda bangun di pagi hari.

Susu

Susu diketahui dapat mencerahkan area kulit yang terlihat gelap, termasuk di bagian leher. Manfaat ini berasal dari kandungan asam laktat yang ada di dalamnya.

Caranya, anda hanya perlu merendam kapas ke dalam susu dan dioleskan ke seluruh area leher yang terlihat gelap. Diamkan hingga maksimal 30 menit dan bilas hingga bersih. Selain mencerahkan kulit, cara ini juga diketahui efektif untuk menghidrasi kulit.

Selain keempat bahan alami di atas, anda juga bisa melakukan beberapa cara seperti:

  • Melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung AHA dan BHA
  • Menggunakan serum, krim, dan toner pencerah kulit
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi, seperti sayur dan buah-buahan
  • Mengonsumsi banyak air putih
  • Menggunakan tabir surya dengan minimal SPF30 atau lebih

Populer video

Berita lainnya