Temani Rutinitas Membersihkan Gigi dengan Obat Kumur, Ini Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Obat Kumur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Obat kumur adalah cairan antiseptik untuk melengkapi rutinitas membersihkan gigi dan mulut. Selain mengurangi bau mulut, obat kumur juga memiliki beragam manfaat, tergantung bahan yang terkandung di dalamnya. Contohnya obat kumur dengan kandungan fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang dan mengobati sariawan.

Meski dapat memberikan manfaat, obat kumur tidak boleh digunakan sembarangan. Sebab, penggunaan yang tidak tepat bisa menimbulkan efek samping. Lantas apa saja manfaat obat kumur? Dilansir dari laman alodokter, berikut ulasannya.

Menghilangkan bau mulut

Salah satu manfaat obat kumur yang paling terkenal adalah mengatasi bau nafas tidak sedap. Sebab, obat kumur mengandung bahan aktif antimikroba, seperti cetylpyridinium chloride dan chlorhexidine, yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, beberapa produk obat kumur juga mengandung bahan alami, seperti kayu manis, peppermint, atau tea tree, yang bisa membuat napas lebih segar.

Mengurangi plak gigi

Plak gigi merupakan lapisan lengket pada permukaan gigi yang terbentuk dari campuran bakteri dan sisa makanan di dalam mulut. Jika tidak dibersihkan, plak akan menumpuk dan menjadi karang gigi yang menyebabkan radang serta perdarahan pada gusi.

Kandungan antimikroba di dalam obat kumur juga dapat mengurangi plak gigi, dengan cara menghambat laju pertumbuhan bakteri dan mengurangi kemampuan bakteri untuk melekat pada permukaan gigi.

Mencegah karies dan gigi berlubang

Karies adalah kerusakan gigi yang ditandai dengan munculnya noda kuning kecokelatan atau noda hitam pada permukaan gigi. Jika dibiarkan, karies gigi akan semakin dalam dan berkembang menjadi gigi berlubang .

Untuk mencegah pembentukan karies dan gigi berlubang, anda bisa menggunakan obat kumur dengan kandungan bahan aktif fluoride yang mampu memperkuat permukaan gigi dan melindungi gigi dari kerusakan.

Mengatasi peradangan di dalam mulut

Manfaat obat kumur lainnya adalah mengatasi peradangan yang terjadi di dalam mulut seperti sariawan dan radang gusi (gingivitis). Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa obat kumur dengan kandungan povidone-iodine dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab peradangan di dalam mulut sekaligus meringankan gejala yang menyertai peradangan tersebut.

Populer video

Berita lainnya