Cara Berdamai dengan Rasa Malu yang Sangat Mengganggu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merasa Malu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang pasti pernah merasa malu. Ya, malu lantaran melakukan kesalahan sepele, hingga yang fatal hingga mencoreng nama baik. Mengingat siapapun pernah mengalami rasa malu, bukan berarti anda harus terpenjara olehnya secara terus-menerus. Lantas bagaimana cara berdamai dengan perasaan malu?

Sebenarnya rasa malu berguna untuk mencegah seseorang melakukan hal-hal yang keluar dari norma dan nilai sosial. Malu bisa ditandai secara fisik, seperti wajah yang memerah, mata terbelalak kaget akibat malu. Perasaan ini menghasilkan keinginan untuk bersembunyi, menghilang, atau parahnya bahkan ingin bunuh diri.

Oleh karenanya jika terus tenggelam dalam rasa malu, anda justru akan sulit melanjutkan hidup. Meski tidak mudah, anda harus berdamai dengan rasa malu. Dilansir dari laman helloSEHAT, anda bisa menerapakan lima langkah berikut ini.

Perhatikan pemicu rasa malu

Coba evaluasi dan tulis apa saja yang membuat anda merasa malu. Ini mungkin sulit pada awalnya, karena tidak dipungkiri anda juga akan merasa malu untuk mengingat dan mengungkapkannya pada diri sendiri.

Pahami mengapa anda merasa malu? Bisakah rasa malu itu dihilangkan? Apa yang bisa membuat Anda tidak malu lagi, serta bagaimana mengantisipasi diri agar tidak semakin malu? Begitu mengetahui apa yang membuat ada malu, anda bisa mulai mempelajari pemicunya dan memecahkan kegelisahan tersebut.

Ubah pikiran anda

Terkadang pikiran negatif bisa menjadi racun bagi rasa malu yang sedang melanda. Dengan terus menerus berpikir negatif seperti, “Apa kata orang-orang soal saya nanti?” Anda bisa menenggelamkan diri dalam pikiran negatif.

Pikiran ini tidak akan membuat anda jadi lebih baik. Justru anda akan semakin malu dan terpuruk. Tugas anda untuk mengolah perasaan malu dengan menantang pemikiran anda sendiri.

Menerima kalau anda merasakan malu

Tidak ada yang ingin merasa malu atau dipermalukan. Namun ketika itu terjadi, anda tidak bisa menghapus begitu saja dari ingatan. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menerima kalau rasa malu itu memang anda rasakan.

Anda harus menerima rasa malu untuk bisa melawannya. Dengan mengakui perasaan, anda bisa menjadi orang yang kembali percaya diri dan positif. Penerimaan diri sendiri ini lebih penting ketimbang harus terus-menerus menutupi rasa malu.

Hindari orang-orang yang membuat rasa malu anda muncul kembali

Memang menyebalkan jika masih ada saja orang yang mengungkit kembali tentang hal memalukan yang pernah anda lakukan. Jika masih ada orang yang seperti itu, atau sengaja menyinggung dengan tujuan agar anda tambah malu, sebaiknya hindari mereka.

Anda punya hak untuk memilih siapa yang berada di sekeliling anda dan siapa yang tidak. Berkumpulah dengan orang-orang yang mendukung, memahami, dan mencintai anda.

Memaafkan diri sendiri

Mengikhlaskan sesuatu, orang, atau kejadian yang membuat malu, merupakan cara jitu yang bisa dilakukan untuk berdamai dari perasaan malu. Setiap orang punya salah dan pernah merasa malu. Lalu, untuk apa terpuruk dalam rasa malu?

Satu atau dua kejadian yang memalukan tidak akan menjadi vonis bagi anda seumur hidup. Lebih baik bangkit, maafkan kesalahan yang pernah dilakukan, dan fokus untuk memperbaiki diri.

Populer video

Berita lainnya