Makanan Ini Berpotensi Sebabkan Sembelit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makanan Penyebab Sembelit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sembelit seringkali membuat kita jengkel. Pasalnya buang air besar (BAB) menjadi sulit. Padahal perut rasanya sudah melilit. Ya, salah satu penyebab susah BAB adalah makanan. Dilansir dari laman helloSehat, berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena menyebabkan sembelit.

Cokelat

Cokelat menjadi jenis makanan yang mejadi favorit banyak orang. Anda bisa menjumpai cokelat dalam berbagai olahan. Mulai dari cokelat batangan, permen, hingga kue. Namun bagi sebagian orang, cokelat termasuk makanan yang bisa menyebabkan sembelit.

Sejauh ini memang belum ada riset yang menemukan zat pemicu sembelit pada bahan makanan cokelat. Tetapi sebagian besar periset meyakini bahwa campuran susu pada makanan inilah yang jadi penyebab susah BAB.Selain itu, periset berpendapat kandungan kafein pada cokelat merupakan biang keladi sembelit.

Selain berpotensi sebabkan sembelit, cokelat jadi pantangan makanan untuk orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa cokelat mengandung lemak yang dapat memperlambat gerak peristaltik yang mendorong feses melewati usus.

Produk olahan susu

Kemungkinan besar, orang yang mengalami sembelit karena produk susu memiliki intoleransi terhadap laktosa. Susu sapi, kambing, atau domba mengandung laktosa alias gula alami pada air susu hewan tersebut.

Orang dengan intoleransi laktosa, akan mengalami gejala sembelit setelah ia makan olahan dari susu. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki enzim pencernaan khusus yang bertugas untuk mencerna laktosa.

Daging merah

Daging merah dapat menjadi penyebab sembelit karena mengandung lemak yang tinggi. Selain lemak yang sulit dicerna, makan ini mengandung zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras. Semua efek ini dapat mengakibatkan feses keras dan meningkatkan potensi sembelit.

Makanan yang mengandung gluten

Gluten merupakan protein yang terdapat pada gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley), dan serealia. Anda bisa menemukan gluten pada banyak makanan, seperti roti, sereal, dan pasta. Bagi beberapa orang, makanan ini bisa menyebabkan sembelit, terutama pada orang dengan penyakit celiac, sindrom iritasi usus besar, dan intoleransi gluten.

Munculnya sembelit ini merupakan tanda atau gejala bagi orang dengan beberapa penyakit yang disebutkan di atas setelah mereka mengonsumsi makanan bergluten.

Makanan cepat saji

Anda harus membatasi makanan cepat saji jika sayang pada kesehatan anda. Selain meningkatkan risiko penyakit hipertensi dan penyakit kronis lainnya, makanan ini ternyata bisa jadi penyebab sembelit.

Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak tetapi rendah serat. Kombinasi keduanya dapat memperlambat gerakan usus. Makanan ini juga tinggi garam yang bisa menurunkan kadar air dalam feses.

Bila kadar garam dalam tubuh cukup tinggi, tubuh akan menggunakan lebih banyak air pada usus untuk menormalkan tekanan darah. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan feses kering, lebih padat, dan susah dikeluarkan.

Makanan dari olahan biji-bijian

Biji-bijian yang diolah seperti nasi putih, roti putih, dan pasta putih lebih rendah serat ketimbang biji-bijian utuh. Padahal, biji-bijian tersebut awalnya mengandung serat yang tinggi.

Proses pengolahannya lah yang menghilangkan serat pada bahan-bahan makanan tersebut. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, jenis makanan rendah serat ini dapat menyebabkan sembelit. Bahkan, dapat memperparah sembelit yang sudah ada.

Populer video

Berita lainnya