Ketiak Basah Bikin Minder, Coba Tips Ini untuk Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Ketiak Basah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Padatnya aktivitas terkadang membuat tubuh anda basah karena keringat yang bercucuran. Namun yang paling memalukan, ketika anda menjadi pusat perhatian lantaran ketiak anda basah. Tentunya anda akan merasa tidak nyaman bukan?

Nah anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, anda bisa mencegah sekaligus mengatasi ketiak yang basah. Dilansir dari halaman hellosehat, berikut ini beberapa tips buat anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Pakai antiperspiran

Mungkin sudah banyak yang tahu mengatasi ketiak basah adalah dengan memakai deodoran ataupun memakai deodoran maupun antiperspiran. Namun keduanya itu sebenarnya memiliki fungsi berbeda. Deodoran biasanya dipakai untuk mengatasi bau badan, sementara antiperspiran lebih ditujukan untuk menyetop keluarnya keringat.

Jika ingin mencegah ketiak basah, anda bisa menggunakan antiperspiran setelah mandi. Pasalnya, antiperspiran dapat membunuh bakteri penyebab bau badan, sekaligus menghalangi produksi keringat berlebih dari kelenjar keringat di ketiak.

Minum air putih

Meski terdengar sederhana, nyatanya minum air putih dalam jumlah yang cukup efektif untuk mengatasi ketiak basah. Sebab ketika tubuh memperoleh cairan dalam jumlah yang optimal, suhu tubuh akan menurun dan jadi lebih dingin. Ini yang akan membantu kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat dalam jumlah yang normal alias tidak terlalu banyak.

Cukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak secara rutin juga menjadi salah satu cara yang patut anda coba untuk menjaga ketiak tetap kering. Sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology mengemukakan, mencukur bulu ketiak diyakini dapat mengurangi aroma tak sedap pada ketiak. Sehingga, memakai antiperspiran untuk mengurangi produksi keringat akan lebih optimal dengan anda rutin mencukur bulu ketiak.

Namun perlu diperhatikan, ketika mencukur bulu ketiak, anda harus selalu memakai pelembap atau krim khusus cukur. Bukan hanya untuk mencegah ketiak bau dan basah, cara ini juga efektif agar ketiak tidak hitam setelah dicukur.

Pakai baju bahan katun

Anda juga bisa mencegah sekaligus mengurangi keringat di ketiak dengan memakai baju berbahan dasar katun. Cobalah gunakan pakaian dari bahan katun dengan ukuran yang agak longgar. Pilihan ini akan mempermudah tubuh, termasuk ketiak, untuk bernapas lega dan menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Selain itu, bahan katun juga efektif menyerap produksi keringat tubuh anda.

Hindari makanan pemicu keringat

Percaya atau tidak, apa yang anda makan setiap harinya juga dapat mempengaruhi jumlah keringat. Sebab ada beberapa makanan yang memicu produksi keringat dalam jumlah banyak. Kebanyakan makanan dengan kandungan garam yang tinggi dapat memicu kelebihan produksi keringat dan air kencing.

Selain itu, makanan olahan, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, semua jenis bawang, bir, serta minuman berkafein juga punya andil yang sama membuat ketiak basah dan berkeringat. Sebagai gantinya, anda bisa perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman yang berperan dalam menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif seperti air putih, teh hijau, kacang almond, pisang, sayuran, buah-buahan, serta makanan berkalsium tinggi, seperti susu dan keju.

Populer video

Berita lainnya