5 Cara Sederhana Memutihkan Gigi Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak produk yang mengklaim sebagai pemutih gigi terbaik. Namun tak sedikit produk yang mengandung pemutih, yang tidak baik. Sebelum kita berlanjut ke cara memutihkan gigi, ada baiknya kita bahas apa saja yang membuat gigi terlihat kuning.

Terdapat berbagai faktor yang bisa membuat gigi terlihat kusam dan kuning. Salah satunya makanan tertentu yang dapat menodai enamel, yang merupakan lapisan terluar gigi anda. Selain itu, penumpukan plak juga dapat menyebabkann gigi terlihat kuning.

Membuat gigi terlihat putih kembali dapat diatasi dengan pembersihan dan pengobatan. Dilansir dari laman Times of India, berikut 5 solusi sederhana untuk memutihkan gigi anda.

Berkumur dengan minyak kelapa

Ini adalah cara tradisional yang meningkatkan kebersihan mulut dan membuang racun dari tubuh. Melakukan berkumur dengan minyak kelapa untuk menghilangkan bakteri yang bisa berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi terlihat kuning.

Studi menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak setiap hari mengurangi bakteri di mulut bersama dengan plak dan radang gusi. Berkumur dengan minyak kelapa juga mengurangi bakteri Streptococcus mutans, yang menyebabkan plak dan radang gusi.

Caranya, masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut, lalu dorong dan tarik minyak tersebut melalui gigi anda. Cara ini cukup aman dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Menyikat gigi dengan baking soda

Soda kue memiliki khasiat pemutih alami. Karenanya ia merupakan bahan penting yang digunakan dalam pasta gigi. Ini adalah bahan abrasif ringan yang bisa menghilangkan noda pada gigi, dan mencegah pertumbuhan bakteri. Caranya, anda bisa mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Lalu sikatlah gigi dengannya. Anda bisa melakukannya 2-3 kali seminggu.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang membunuh bakteri di mulut Anda. Bahkan zat ini telah digunakan sejak lama untuk membersihkan luka karena kemampuannya membunuh bakteri.

Penelitian telah menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan 1 persen hidrogen peroksida dapat membuat gigi menjadi lebih putih secara signifikan. Studi lain menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan hidrogen peroksida, bila digunakan dua kali sehari dapat menyebabkan 62 persen gigi lebih putih dalam 6 minggu.

Namun perlu dicatat, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan gigi sensitif dan iritasi gusi. Jika anda berencana menggunakan hidrogen peroksida, pastikan menggunakan larutan 1,5 atau 3 persen untuk menghindari efek samping. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur sebelum menyikat gigi.

Makan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran sangat bagus untuk kesehatan dan gigi anda secara keseluruhan. Buah dan sayuran mentah dapat membantu menghilangkan plak saat anda mengunyahnya. Padahal ini bukan pengganti untuk menyikat gigi. Stroberi dan nanas adalah dua buah yang diklaim dapat memutihkan gigi Anda.

Mencegah noda gigi

Meskipun gigi akan menguning seiring bertambahnya usia, anda dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa hal sederhana. Batasi asupan kopi, anggur merah, soda, dan buah beri hitam. Ini semua dikenal dapat menodai gigi. Setidaknya anda harus batasi mengonsumsinya. Anda juga bisa meminum minuman yang diketahui bisa menodai gigi dengan bantuan sedotan. Anda harus segera menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman semacam itu.

Konsumsi makanan yang kaya kalsium seperti keju dan susu untuk membantu melindungi gigi anda dari erosi email. Jangan lupa untuk menyikat gigi secara teratur dan benar. Perubahan warna gigi sebagian besar disebabkan penumpukan plak. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dapat membantu gigi tetap putih dan mengurangi bakteri di mulut serta mencegah penumpukan plak.

Populer video

Berita lainnya