Tanpa Timbangan, Begini Cara Memantau Progres Penurunan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bolak-balik menaiki timbangan lumrah dilakukan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Namun jika anda baru memulai menurunkan berat badan, timbangan mungkin bukan cara yang ideal untuk mendeteksi kemajuan anda. Faktanya, timbangan lebih baik dalam membantu mengatur berat badan anda daripada menurunkannya.

Ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh saat anda beralih mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga setiap hari. Perubahan ini merupakan parameter yang lebih baik untuk mengetahui penurunan berat badan anda. Dilansir dari laman Times of India, ini beberapa cara lain untuk mengetahui progres penurunan berat badan tanpa mesin timbangan.

Gunakan pita pengukur

Gunakan cara kuno untuk melacak kemajuan anda dengan menggunakan pita pengukur. Ini dapat membantu melacak secara akurat seberapa banyak lemak anda menyusut. Pada awalnya anda mungkin tidak melihat perubahan angka pada timbangan. Tetapi pita pengukur memberikan angka yang pasti, dan menjadi pilihan terbaik, jika anda mencoba pengurangan pada beberapa bagian tertentu dari tubuh.

Ukur lemak tubuh anda

Ada perbedaan antara penurunan berat badan dan penyusutan lemak. Kehilangan lemak jauh lebih penting daripada menurunkan berat badan. Seberapa banyak lemak yang hilang dapat dengan mudah dilacak dengan menggunakan alat pengukur lemak. Sedikit cubitan dapat memberi tahu anda tentang kemajuan penurunan lemak. Pengukuran lipatan kulit membantu memperkirakan persentase lemak tubuh berdasarkan jumlah lemak yang ada di bawah kulit. Ini lebih akurat daripada menginjak timbangan.

Ambil beberapa gambar

Terkadang dengan melihat ke cermin, sulit untuk melihat perubahan pada tubuh. Mengambil foto dan membandingkan dengan foto anda sebelumnya dapat membantu melihat perbedaannya. Untuk akurasi, kenakan pakaian yang sama, berdirilah dengan pose yang sama dan di tempat yang sama. Ini akan membuat termotivasi dan membantu anda melihat perubahan yang terjadi pada tubuh. Coba lakukan ini setiap minggu.

Uji kebugaran anda

Menurunkan berat badan seharusnya tidak hanya menjadi tujuan anda. Justru menjadi lebih bugar dan sehat adalah pendekatan yang lebih baik. Saat mencoba menurunkan beberapa kilogram, uji tingkat kebugaran untuk melacak kemajuan usaha anda. Seperti mengangkat lebih banyak beban, tambahkan set lain ke latihan. Jika mudah dilakukan, berarti anda membuat kemajuan dan semakin bugar.

Cobalah kenakan pakaian lama anda

Mencoba pakaian lama juga bisa menjadi cara terbaik untuk melacak kemajuan usaha anda. Misalnya mengenakan jeans atau atasan favorit yang disukai dan selalu ingin anda pakai lagi. Hal ini dapat memotivasi untuk melihatnya lebih pas setiap kali anda mencobanya.

Populer video

Berita lainnya