Annisa Mahesa, Anggota DPR Termuda di Usia 23 Tahun

Pict by Youtube

Annisa Maharani Alzahra Mahesa resmi menjadi anggota DPR RI termuda periode 2024-2029. Saat diangkat, Annisa berusia 23 tahun 2 bulan 15 hari. Sidang paripurna pengucapan janji anggota DPR RI berlangsung di ruang paripurna MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (1/10/2024).

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pimpinan sementara DPR RI diberikan kepada anggota tertua dan termuda. Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, membacakan UU Nomor 2 Tahun 2018 yang mengatur tentang perubahan kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014, khususnya Pasal 84 ayat 7 dan ayat 8. Dalam aturan tersebut, ditentukan pimpinan sementara DPR RI yang terdiri dari anggota tertua dan termuda.

Berdasarkan hasil pemilu, anggota DPR tertua berasal dari Fraksi Demokrat, yaitu Guntur Sasono. Pimpinan sementara DPR diterima pada 25 September 2024, yang menugaskan Guntur Sasono sebagai Ketua sementara DPR RI. Sementara itu, wakil ketua sementara berasal dari Fraksi Gerindra. DPR menerima penugasan dari Partai Gerindra yang mengangkat Annisa Mahesa sebagai Wakil Ketua sementara.

Indra Iskandar mengumumkan dalam sidang paripurna, “Pimpinan sementara DPR RI adalah sebagai berikut: Ketua sementara Guntur Sasono dari Partai Demokrat Dapil Jatim VIII dan Wakil Ketua sementara Annisa Mahesa dari Partai Gerindra Dapil Banten II.”

Annisa Mahesa merupakan caleg terpilih dari Partai Gerindra yang bertarung di Dapil Banten II. Pada 1 Oktober 2024, usianya tercatat 23 tahun 2 bulan 15 hari. Annisa adalah anak sulung dari politisi senior Gerindra, almarhum Desmond J. Mahesa.

Annisa lahir pada 17 Juli 2001 dan menempuh pendidikan di dua universitas terkemuka. Ia pertama kali kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Selain itu, Annisa juga menyelesaikan pendidikannya di Faculty of Business and Economics, University of Melbourne, Australia. Dari kedua universitas tersebut, Annisa mendapatkan gelar S.E. (Sarjana Ekonomi) dan B.Com (Bachelor of Commerce). Dengan latar belakang pendidikan yang solid dan dukungan keluarga, Annisa menjadi sorotan sebagai anggota DPR termuda di Indonesia.

Populer video

Berita lainnya