Ian Maatsen Bisa Jadi Pemain Termahal Timnas Indonesia

Pict by Instagram

Ian Maatsen, pemain keturunan Indonesia, kembali dirumorkan akan menjadi target PSSI untuk dinaturalisasi. Jika kabar ini benar, ia bisa menjadi salah satu pemain termahal di Asia. Hingga saat ini, Maatsen masih berpotensi membela Timnas Indonesia. Walau sempat dipanggil timnas Belanda untuk Euro 2024, ia belum pernah dimainkan.

Maatsen kalah bersaing dengan pemain belakang senior, seperti Nathan Ake. Karena belum pernah tampil di tim senior Belanda, ia masih memenuhi syarat untuk membela timnas lain, termasuk Indonesia, sesuai aturan FIFA. Kini, keputusan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia ada di tangannya.

Ian Ethan Maatsen lahir di Vlaardingen, Belanda, pada 10 Maret 2002. Ia memiliki darah campuran Indonesia-Suriname, dengan darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Jawa. Menurut Transfermarkt, nilai pasar Ian Maatsen sangat tinggi, mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp695 miliar.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan deretan pemain termahal Asia saat ini. Misalnya, Takehiro Tomiyasu dari Arsenal yang dihargai Rp608 miliar. Bahkan, harga Maatsen melampaui Hiroki Ito dari Bayern Muenchen yang bernilai Rp521 miliar, dan Lee Kang-in dari PSG yang dihargai Rp434,5 miliar.

Jika Maatsen benar-benar bergabung dengan Timnas Indonesia, ia akan menjadi salah satu pemain Asia termahal. Setidaknya, ia akan berada di posisi lima besar pemain Asia termahal, di bawah Takefusa Kubo (50 juta euro), Kaoru Mitoma (45 juta euro), Kim Min-jae (45 juta euro), dan Son Heung-min (45 juta euro).

Populer video

Berita lainnya