Yuk, Berburu Jajanan Khas Bandung yang Menggugah Selera

pic by: canva.com

Daftar belanja Bandung Anda tak akan lengkap tanpa belanja jajanan. Bandung memang terkenal dengan jajanan yang lezat dan unik. Beberapa jajanan favorit yang sangat direkomendasikan dalam Panduan Belanja Bandung ini adalah:

Pisang Bolen: Pisang Bolen, jajanan khas Bandung

Jajanan ini berupa kue kering yang diisi dengan pisang matang dan sepotong keju. Jajanan ini pertama kali dipopulerkan oleh toko kue Kartika Sari, kemudian diikuti oleh toko kue Mayasari dan toko roti dan kue kering Prima Rasa. Jajanan favorit lainnya dari Kartika Sari adalah Cheese Roll dan Cheese Stick.

Brownies: Brownies, jajanan khas Bandung

Di Bandung, ada dua jenis brownies, yaitu brownies panggang dan brownies kukus. Pelopor brownies panggang di Bandung adalah toko roti dan kue kering Prima Rasa. Kemudian, toko kue Kartika Sari dan Mayasari juga membuat dan menjual brownies di toko mereka. Menurut saya, brownies Prima Rasa masih yang terbaik.

Pelopor brownies kukus adalah Amanda. Mereka menjualnya di mobil-mobil yang diparkir di jalan-jalan Bandung yang ramai, seperti jalan Kebon Kawung, dekat stasiun kereta Bandung (pintu masuk baru), dan jalan Dago (Ir. H. Juanda).

Bagelen: Bagelen, jajanan khas Bandung

Bisa tebak nggak jajanan Sunda yang bentuknya mirip burger? Namanya Bagelen! Bagelen Abadi yang ada di jalan Purnawarman ini wajib kamu coba. Bagelen adalah roti dengan olesan mentega rum di bagian tengahnya. Orang Belanda menyebutnya warmbollen. Jajanan ini ada dua jenis, yaitu roti biasa dan roti panggang yang sangat renyah. Keduanya sama-sama lezat 🙂

Comro = Oncom di Jero

Comro adalah akronim Sunda untuk ‘Oncom di Jero’, yang artinya jajanan ini diisi dengan oncom. Oncom merupakan makanan khas Sunda yang hanya bisa ditemukan di daerah ini. Oncom terbuat dari kacang tanah yang difermentasi dengan jamur. Jadi, jajanan ini terbuat dari singkong goreng dengan oncom pedas di tengahnya. Anda bisa menemukan jajanan ini di gerobak-gerobak penjual jajanan goreng di sepanjang trotoar. Biasanya, mereka juga menjual tahu goreng isi tauge dan irisan wortel, pisang goreng yang dibalut adonan krispi, dan lain-lain.

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung merupakan sajian mi yang terkenal di daerah Sunda. Mie ini merupakan mi kukus yang dimakan dengan kikil, tauge, bawang goreng, bakso sapi, dan kecap manis. Keistimewaan makanan ini adalah kuahnya yang terbuat dari kaki sapi. Kikil merupakan kulit sapi yang tebal di bagian telapak kaki. Rasanya kenyal, tetapi banyak orang menyukainya.

Salah satu pedagang Mie Kocok Bandung ada di Jalan Suryani Dalam. Kurang lebih 1 kilometer, ada pedagang lain yang menjadi favorit penjaja makanan ini, yaitu di Jalan Jendral Sudirman, dekat kantor pos.

Cemilan yang dijual di Pasar Baru Bandung.

Cemilan ini dibuat dengan mencelupkan potongan tipis tempe atau oncom ke dalam adonan lalu digoreng, sehingga menjadi renyah dan dimakan seperti keripik. Selama bertahun-tahun, penjual cemilan ini yang terkenal adalah Kabita dan Raos, keduanya memiliki toko di jalan Cihampelas. Anda juga dapat menemukan penjual lainnya di depan halte bus Leuwi Panjang atau Pasar Baru.

Batogor = Baso Tahu Goreng

Cemilan terkenal berikutnya di Bandung yang harus Anda masukkan dalam daftar belanja Bandung Anda adalah Batagor, akronim dari Baso Tahu Goreng (tahu goreng yang diisi dengan daging ikan). Biasanya kami memakannya dengan saus kacang. Anda dapat menambahkan kecap, jeruk asam kecil atau saus cabai pedas sesuai selera Anda.

Penjual batagor yang paling terkenal adalah Kingsley di jalan Veteran. Anda dapat makan di sana atau membawanya pulang. Banyak orang yang membeli banyak untuk teman dan saudara di kampung halaman, sehingga terkadang antreannya panjang, terutama di akhir pekan.

Populer video

Berita lainnya