Megawati Berikan Dukungan kepada Edy Rahmayadi dalam Pilgub Sumatera Utara 2024

Pict by Instagram

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, resmi mendukung calon petahana, Edy Rahmayadi, dalam Pilgub Sumatera Utara 2024. Edy akan menghadapi Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan.

Megawati memberikan rekomendasi langsung kepada Edy di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu, 14 Agustus 2024. Penyerahan dukungan ini dilakukan bersama dengan kandidat dari 12 provinsi lainnya. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengumumkan bahwa Edy adalah calon yang didukung oleh partai berlambang banteng untuk Sumatera Utara.

Edy hadir di lokasi dengan mengenakan baju merah khas PDIP saat menerima dukungan dari Megawati. Sebelumnya, Edy telah diumumkan sebagai bagian dari keluarga besar PDIP dalam Apel Siaga Satgas PDIP Sumut di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Sementara itu, Bobby Nasution mendapatkan dukungan yang luas dari koalisi besar dalam Pilkada Sumatera Utara 2024. Koalisi ini terdiri dari delapan partai politik utama, termasuk PKS sebagai partai terakhir yang bergabung. Partai lain dalam koalisi ini adalah PKB, Golkar, Gerindra, NasDem, PAN, Demokrat, dan PPP.

Di sisi lain, Edy maju sebagai calon dengan PDIP sebagai partai pengusung tunggal. PDIP memiliki cukup kursi di DPRD Sumatera Utara untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan gubernur dalam Pilkada 2024.

Bobby Nasution memulai karier politiknya sebagai kader PDIP, sama seperti mertuanya, Presiden Jokowi. Namun, Bobby dan Jokowi telah dinyatakan bukan lagi sebagai kader PDIP setelah Gibran Rakabuming Raka, ipar Bobby sekaligus putra Jokowi, maju dalam Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden melawan Ganjar Pranowo, calon dari PDIP. Setelah itu, Bobby bergabung dengan Partai Gerindra.

Populer video

Berita lainnya