Rutinitas Perawatan Kulit ala Korea untuk Beraktivitas Seharian

pic by: canva.com

Rutinitas perawatan kulit Korea adalah hal yang menjadi obsesi sebagian besar dari kita saat ini. Tips perawatan K-beauty mengklaim dapat memberikan kulit sempurna dengan tampilan tanpa cela dan seperti porselen. Dan itu benar! Rutinitas perawatan kulit 8 langkah mereka adalah solusi efektif untuk mendapatkan kulit bercahaya dan mulus.

Apakah Anda harus mengikuti semua langkah setiap hari? Tidak, tidak wajib mengikuti 8 langkah tersebut setiap hari. Anda dapat melewati beberapa langkah tetapi pastikan kulit anda menerima semua bahan yang diperlukan. Mari kita bahas rutinitasnya sekarang! Gulir ke bawah!

Langkah 1: Cuci Wajah Anda Dengan Air

Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setelah bangun tidur. Jangan gunakan pembersih apa pun. Air tidak hanya membuat kulit terasa segar, tetapi juga menghilangkan kotoran di wajah yang mungkin menempel di kulit pada malam hari. Ini juga menjaga kulit anda tetap terhidrasi.

Langkah 2: Oleskan Toner

Setelah mencuci muka dengan air, oleskan toner. Anda dapat mengoleskan toner pada kapas dan mengaplikasikannya dengan gerakan menyapu atau menuangkan toner ke telapak tangan dan menepuknya dengan lembut ke seluruh wajah anda. Toner membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda dan memastikan penyerapan produk perawatan kulit berikutnya dengan tepat.

Langkah 3: Terapkan Esensi

Esensi adalah campuran serum, toner, dan pelembab dan merupakan bagian penting dari  8 langkah perawatan kulit Korea. Ini menghidrasi dan membuat kulit anda prima dan memberi nutrisi pada sel-sel kulit. Ini juga mempersiapkan kulit anda untuk langkah selanjutnya. Tuangkan sedikit pada telapak tangan dan tekan perlahan ke seluruh wajah. Jangan menyapu jari anda.

Langkah 4: Terapkan Ampul

Ini mirip dengan esens dan serum. Namun dibandingkan kedua produk tersebut, ampul mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Ampul biasanya tersedia dalam botol kaca dengan pipet. Gunakan pipet untuk mengoleskan beberapa tetes pada wajah anda. Gunakan jari anda untuk mengetuk dan menekannya ke seluruh wajah anda dengan lembut.

Langkah 5: Oleskan Serum

Gunakan serum yang mengatasi masalah kulit anda. Serum memiliki manfaat anti penuaan terbaik dan dapat mengurangi masalah kulit, seperti bintik hitam, hiperpigmentasi, kekeringan, garis halus, dan kerutan. Ambil serum seukuran kacang polong (atau dua pompa) dan tekan dengan lembut ke seluruh wajah Anda dengan ujung jari anda.

Langkah 6: Gunakan Krim Mata

Area di sekitar mata Anda sangat halus, dan krim wajah serta serum biasa Anda tidak akan berfungsi. Anda memerlukan krim mata untuk menjaga area tersebut tetap terhidrasi dan terlindungi sepanjang hari. Ambil sedikit krim mata di ujung jari anda dan oleskan dari sudut dalam mata hingga sudut luar.

Langkah 7: Oleskan Pelembab

Setelah anda mengoleskan krim mata, oleskan selapis pelembap pada wajah anda. Pelembab menjaga kulit tetap terhidrasi, ternutrisi, dan bersinar sepanjang hari. Jika kulit anda berminyak, gunakan pelembap berbahan dasar air, dan jika kulit anda kering, gunakan pelembap berbahan dasar krim. Pijat pelembab dengan lembut ke seluruh wajah dan leher anda.

Langkah 8: Oleskan Tabir Surya

Melindungi kulit Anda dari sinar UV adalah suatu keharusan. Setelah Anda menyelesaikan semua langkah ini, oleskan tabir surya. Hal ini mencegah bintik hitam, tanning, sengatan matahari, garis halus, dan kerutan.

Ini adalah 8 langkah rutinitas perawatan kulit pagi Korea yang rumit untuk kulit lembab. Produk-produk ini menjaga kulit anda tetap terhidrasi dan sehat sepanjang hari.

Rutinitas Perawatan Kulit Korea: Tips Tambahan

1. Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi sangatlah penting. Meskipun bahan-bahan topikal akan membantu kulit anda tetap terhidrasi secara eksternal, anda juga perlu memberikan hidrasi internal. Minumlah banyak air dalam bentuk apa pun. Anda dapat meminum teh dengan rasa (terutama teh tisan atau teh herbal, tanpa kafein) atau air dengan rasa (yang secara alami diberi rasa dengan irisan jeruk nipis dan mentimun).

2. Istirahat Dan Rileks

Jangan memaksakan diri. Beri diri anda istirahat dan rileks. Saat anda stres, hal itu tercermin pada kulit anda. Cara terbaik untuk bersantai adalah dengan tidur. Saat Anda tidur, tubuh anda memulihkan dan memperbaiki dirinya sendiri. Ini meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan (baik fisik dan mental) dan juga bermanfaat bagi kulit Anda.

3. Makan dengan Baik

Perbanyak konsumsi sayuran segar, biji-bijian, daging, produk susu, dan ikan. Sertakan makanan fermentasi dan acar dalam diet anda. Makanan tersebut mengandung vitamin dan probiotik penting yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan usus. Kaldu ikan dan daging mengandung kolagen yang menjaga kulit tetap awet muda dan sehat.

4. Eksfoliasi Kulit Anda

Ini berlaku tidak hanya untuk kulit wajah anda tetapi seluruh tubuh anda. Cobalah untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit anda dengan melakukan eksfoliasi setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

5. Jangan Pernah Lupakan Perlindungan Matahari

Jangan pernah melupakan ini meskipun di luar mendung dan hujan. Sinar UV dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, bawalah tabir surya anda.

Populer video

Berita lainnya