Cara Mudah Mendokumentasikan Perilaku Siswa

pic by: canva.com

Mengapa anda perlu mendokumentasikan perilaku? Sebagian besar sekolah sekarang mengharuskan guru untuk mendokumentasikan perilaku siswa dengan cara tertentu. Terlepas dari apakah sekolah anda mengharuskan hal ini atau tidak, guru harus mendokumentasikan perilaku yang berulang. Pertama-tama, dokumen-dokumen ini berguna untuk digunakan saat bertemu dengan orang tua.

Itu adalah sesuatu yang bersifat fisik yang dapat anda tunjukkan kepada mereka dan mereka tidak dapat menyangkal apa yang dikatakannya. Daripada berdebat dengan orang tua yang bersikeras bahwa anak mereka adalah malaikat yang sempurna, anda bisa menunjukkan buktinya dan mencari solusi. Dokumentasi juga berguna untuk ditunjukkan kepada siswa. Mungkin siswa tersebut tidak menyadari bahwa mereka mengulangi kesalahan yang sama berulang kali.

Anda dapat menunjukkan dokumentasi anda kepada mereka dan mungkin siswa tersebut akan mendapatkan salah satu momen “ah ha”. Pada akhirnya, jika seorang siswa terus-menerus mengalami masalah perilaku, Anda memerlukan data untuk diberikan kepada sekolah dan orang tua jika anda ingin siswa tersebut menerima konsekuensi yang lebih tinggi.

Apa yang harus Anda dokumentasikan?

Anda harus mendokumentasikan: jenis perilaku yang ditunjukkan siswa, seberapa sering jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, dan jika memungkinkan, apa yang menyebabkan perilaku tersebut.

Cara Mudah Mendokumentasikan Perilaku Siswa

  • Buku Catatan Perilaku

Buku catatan perilaku adalah teknik manajemen seluruh kelas untuk mencatat perilaku buruk di kelas yang mengintegrasikan refleksi & kepemilikan siswa. Ini dapat dengan cepat diterapkan dengan peraturan dan rencana disiplin apa pun yang ada, dan digunakan sebagai alternatif metode lain seperti clip chart, sistem kartu, atau penulisan nama di papan tulis. Setiap siswa memiliki halamannya sendiri, dan semuanya disimpan dalam binder di lokasi tertentu di kelas. Ketika seorang siswa tidak mengikuti peraturan atau prosedur kelas, mereka mencatat pelanggaran tersebut di buku catatan di halaman masing-masing (mirip dengan memindahkan klip ke bawah).

  • Kode QR

Jadi saya tidak pernah benar-benar tertarik dengan kode QR. Tapi musim panas ini saya membaca postingan Peppy Zesty Teacherista tentang cara menggunakan kode QR untuk melacak pekerjaan rumah yang hilang (luar biasa). Lalu saya berpikir, betapa sempurnanya menggunakan sistem yang sama untuk melacak kapan siswa pergi ke “sudut tenang”, “ruang teman” atau apa pun yang digunakan sekolah anda untuk siswa ketika mereka perlu istirahat dari kelas. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat kode QR, meletakkannya di dekat pintu atau di tempat tenang anda dan siswa memindai kode tersebut setiap kali mereka harus pergi ke area yang anda lacak. Kode QR memasukkan nama siswa, tanggal dan WAKTU ke dalam Google form.

  • Grafik Perilaku Harian Individu

Jika anda menggunakan bagan perilaku sebagai bagian dari sistem pengelolaan kelas, Anda dapat meminta siswa mencatat warna yang mereka dapatkan setiap hari. Cetak kalender setiap bulan dan mintalah siswa mewarnai langkah yang mereka selesaikan di penghujung hari. Orang tua dapat memeriksanya secara teratur untuk mengetahui bagaimana keadaan anak mereka. Jenis pelacakan perilaku ini dapat membantu anda menetapkan pola perilaku buruk tetapi tidak melacak apa yang sebenarnya dilakukan anak tersebut. Oleh karena itu, bagi siswa tertentu anda memerlukan bentuk pelacakan perilaku yang lebih menyeluruh.

Populer video

Berita lainnya