5 Tips untuk Membantu Menghilangkan Pikiran Negatif

pic by: canva.com

Jika anda ingin memaksimalkan hidup anda dan menjadi versi diri anda yang terbaik dan paling bahagia, Anda perlu membuang pikiran negatif. Energi mengalir kemana perhatian tertuju. Pikiran negatif tidak mempunyai kuasa atas kita kecuali kita memilih sebaliknya. Namun, pikiran negatif (beracun) tidak menentukan siapa kita. Itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan karakter kita dan siapa kita sebagai pribadi.

Pikiran negatif memicu drama dan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hidup anda karena ketika anda berpikir negatif, tindakan anda akan mengikuti, ‘energi mengalir ke mana perhatian tertuju.’ Memberikan terlalu banyak kekuatan pada pikiran negatif pasti akan menyebabkan kerusakan. Pikiran anda bisa menjadikan anda musuh terburuk anda.

Inilah 5 Tips Untuk Membantu Menghilangkan Pikiran Negatif:

  • Awasi pikiran anda

Ketika pikiran negatif mulai mengaburkan pikiran anda, duduklah jauh di belakang pikiran anda dan amati pikiran tersebut. Sama seperti anda duduk di kursi di balkon anda di bulan Juni dan menyaksikan awan menampilkan bentuk yang berbeda-beda. Menurut psikolog dan psikiater, pikiran negatif merupakan akibat dari pola pikir yang tidak rasional. Anda memerlukan pengobatan atau terapi untuk ini, tetapi anda hanya perlu duduk dan mengamati ketika pikiran-pikiran ini berkembang, ketika Anda melakukan ini, Anda tidak akan memberi mereka ruang.

  • Hindari berpikir berlebihan

Memikirkan suatu masalah berulang-ulang tidak akan menyelesaikannya. Kecuali anda berupaya, masalah anda akan tetap ada dan terlalu memikirkannya akan membuat anda panik dan kehilangan kendali atas situasi tersebut. Bagaimana cara menghilangkannya? Setiap kali pemikiran seperti itu muncul dalam pikiran anda, amati dan catatlah di atas kertas, di sebelahnya tuliskan solusinya, lakukan ini setiap kali renungan seperti itu muncul di pikiran Anda.  

  • Hapuskan masalah-masalah hipotetis

Di awal tahun 2000-an kita mempunyai lelucon ‘Saya punya 99 masalah dan 95 di antaranya bahkan tidak ada’. Inilah dampak dari berpikir berlebihan dan pikiran negatif terhadap anda, anda mengkhawatirkan masalah yang sebenarnya tidak ada, anda membayangkan situasi hipotetis di otak anda dan mulai stres karenanya.

  • Perhatian untuk menghindari pikiran negative

Mindfulness di definisikan sebagai keadaan sadar atau sadar akan sesuatu. Kesadaran bisa menjadi musuh terburuk dari pikiran negatif. Perhatian penuh bukanlah sesuatu yang diasosiasikan dengan guru meditasi, hal ini merupakan hal yang lumrah dan harus menjadi hal yang lumrah. Kita perlu lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tidak hanya menghindari pikiran negatif tetapi juga harus optimis, tenang, dan fokus.

  • Jangan bereaksi cepat, bersabarlah

Tidak terkecuali pikiran-pikiran seperti pikiran-pikiran sementara dan negatif. Terlebih lagi, mereka tidak berdaya kecuali anda ingin memberi mereka kekuatan untuk menyakiti anda. Jangan biarkan pikiran menguasai anda, betapapun negatifnya pikiran tersebut, pahamilah bahwa pikiran tersebut hanya bersifat sementara dan tidak berdaya tanpa tindakan Anda. Ingatkan diri anda bahwa ini adalah pikiran negatif dan anda tidak akan memberdayakannya.

Populer video

Berita lainnya