Tips dan Ide Proyek Penelitian di Kelas

pic by: canva.com

Proyek penelitian untuk anak-anak mudah dan menyenangkan. Guru sekolah dasar yang membutuhkan template dan bahan cetakan untuk rencana pelajaran mereka, postingan dari Clutter-Free Classroom ini akan membantu. Ini mencakup penelitian hewan, penelitian negara, dan ide proyek biografi untuk anak-anak.

Proyek penelitian memungkinkan siswa mendapatkan informasi menyeluruh tentang topik yang menarik. Mereka mencakup banyak keterampilan yang berbeda dan dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran apa pun.

Yang terbaik dari semuanya, mereka mempersiapkan siswa untuk pembelajaran kehidupan nyata dengan mengajari mereka cara mengumpulkan informasi. Manfaatnya tidak berakhir di situ. Ada banyak alasan lain untuk menjadikannya bagian dari kelas anda, termasuk yang berikut:

MANAJEMEN WAKTU

Proyek penelitian memberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan manajemen waktu. Ini membutuhkan waktu. Semakin banyak latihan terbimbing yang diberikan kepada siswa, semakin baik mereka mengetahui bagaimana mengatur kecepatan diri mereka sendiri.

EKSPLORASI KETERAMPILAN

Semakin sering siswa diberitahu apa yang harus dibaca dan apa yang harus dipelajari. Proyek penelitian memberi mereka beberapa pilihan. Memilih apa yang akan dipelajari membuat melatih keterampilan membaca dan menulis yang penting tersebut jauh lebih menyenangkan sehingga menghasilkan peningkatan pembelajaran.

REPLIKASI DUNIA NYATA

Siswa tidak akan menjadi siswa selamanya. Sebagai orang dewasa, kita tidak diberikan bagian-bagian tentang suatu subjek, disuruh membacanya dan kemudian menjawab pertanyaan. Kami mencari informasi berdasarkan minat kami atau kebutuhan kami untuk mengetahui sesuatu. Menjadikan penelitian independen sebagai aktivitas rutin di kelas anda akan menjadi landasan pembelajaran dunia nyata.

MEMUDAHKAN PENGAYAAN BAGI GURU

Memenuhi kebutuhan individu setiap pelajar di kelas anda sangatlah menantang. Memiliki proyek penelitian yang berkelanjutan adalah cara mudah untuk secara konsisten memberikan kesempatan belajar yang berharga kepada anak-anak yang dengan cepat menyelesaikan tugas kelas lainnya dan menunjukkan kebutuhan akan pengayaan.

MEMBERIKAN WAKTU BAGI SELURUH SISWA UNTUK MENELITI

Proyek-proyek tersebut sepenuhnya menghilangkan masalah “Saya sudah selesai… Apa yang harus saya lakukan sekarang?” Ini bagus untuk siswa anda yang lebih mahir dan untuk yang menyelesaikan dengan cepat. Namun, Anda juga ingin memastikan untuk meluangkan waktu dalam jadwal anda agar semua siswa dapat menikmati pembelajaran tentang topik pilihan.

MENDORONG ANAK UNTUK BERKOLABORASI

Saya telah menemukan bahwa akan lebih bermanfaat jika proyek penelitian diselesaikan secara individual. Hal ini memudahkan siswa untuk mengerjakan proyeknya di rumah atau ketika ada waktu luang di kelas. Proyek kelompok memerlukan banyak keterampilan yang harus diajarkan dan dipraktikkan dengan pengawasan. Namun, ada cara bagi siswa untuk berkolaborasi bahkan ketika menyelesaikan proyek secara mandiri.

MENUNJUKKAN PENGETAHUAN SECARA KREATIF

Setelah memilih topik, melakukan penelitian, dan membuat catatan, siswa anda harus menjadi ahli dalam bidang manusia, hewan, atau benda yang mereka teliti. Berusahalah untuk menemukan cara kreatif untuk memamerkannya.

Populer video

Berita lainnya