Ketahui Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sayuran Bayam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sayuran hijau seperti bayam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, banyam memiliki kandungan protein, zat besi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Oleh karenanya, memasukkan bayam sebagai pola makan harian dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Melansir laman halodoc, berikut manfaat bayam bagi kesehatan tubuh.

Membantu melawan stres oksidatif

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme yang dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Bayam mengandung antioksidan, yang melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

Mengurangi tingkat gejala asma

Bayam kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua ini dapat membantu fungsi paru-paru. Makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi keparahan gejala asma dan mengurangi risiko serangan berulang.

Menjaga kesehatan tulang

Rendahnya asupan vitamin K memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K menjadi bagian yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang yang baik. Vitamin K bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine. Bayam mengandung vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Bayam mengandung sejumlah besar vitamin A, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut sehingga membantu melembapkan kulit dan rambut. Selain itu, bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya vitamin C sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Menurut sebuah penelitian, glycoglycerolipid yang ditemukan dalam bayam dapat membantu melindungi lapisan saluran pencernaan.

Populer video

Berita lainnya