Han Kang Raih Nobel Sastra, Bangkitkan Luka Sejarah

Pict by Instagram

Penulis Korea Selatan, Han Kang, memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2024. Penghargaan ini diberikan atas “prosa puitis intens” yang menyelami trauma sejarah dan menunjukkan kelemahan hidup manusia. Han, 53 tahun, memulai karier menulisnya dengan puisi, kemudian beralih ke prosa pada tahun 1995. Salah satu karyanya yang terkenal adalah “The Vegetarian,” yang mengisahkan seorang wanita yang berupaya hidup seperti tanaman setelah mimpi buruk tentang kekejaman manusia. Novel ini meraih Man Booker International Prize 2016 dan merupakan salah satu karyanya yang pertama diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Han menjadi penulis Korea Selatan pertama yang memenangkan Nobel Sastra dan wanita ke-18 yang menerima penghargaan ini sejak 1901. Hadiah tersebut mencakup uang sebesar 11 juta kronor Swedia (sekitar 1 juta dolar AS). Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, menyebut kemenangan Han sebagai “pencapaian besar dalam sejarah sastra Korea” dan “momen nasional.” Yoon menambahkan bahwa Han telah mengubah luka sejarah modern Korea menjadi karya sastra yang hebat.

Salah satu karya Han, “Human Acts,” menggambarkan Pemberontakan Gwangju tahun 1980, di mana lebih dari 100 warga sipil tewas dalam demonstrasi pro-demokrasi. Novel ini menunjukkan bagaimana trauma bisa membekas dalam generasi berikutnya. Karya Han yang penuh dengan gaya puitis dan eksperimental disebut sebagai inovasi dalam prosa kontemporer.

Han mengungkapkan pertanyaan mendalam dalam karyanya, seperti yang disuarakan karakter dalam novel “Europa” (2019), “Jika kamu bisa hidup sesuai keinginan, apa yang akan kamu lakukan dengan hidupmu?” Meski banyak karakter utamanya adalah wanita, narasi dalam karya Han sering disampaikan dari sudut pandang pria. Karya Han meroket di daftar buku terlaris Korea Selatan setelah pengumuman Nobel. Buku-bukunya, seperti “Human Acts,” “The Vegetarian,” dan “I Do Not Bid Farewell,” terjual lebih dari 70.000 eksemplar dalam 14 jam pertama setelah pengumuman.

Berbagai tokoh publik, termasuk anggota BTS, RM dan V, memberi ucapan selamat kepada Han. V menulis di Instagram bahwa ia membaca “Human Acts” saat menjalani wajib militer. Penghargaan Nobel Sastra akan diberikan pada 10 Desember di Stockholm, bertepatan dengan hari kematian Alfred Nobel, pendiri penghargaan ini.

Populer video

Berita lainnya