8 Pengorbanan Orang Tua untuk Memberikan Anak-anak Mereka Kehidupan yang Lebih Baik

pic by: canva.com

Wajar saja jika Anda ingin dianggap sebagai orang tua yang hebat. Bagaimanapun, orang tua memiliki tugas penting untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan sehat. Namun, kenyataannya, mengasuh anak jauh lebih rumit dari itu. Mengasuh anak penuh dengan tantangan, kebingungan, dan banyak kesulitan di sepanjang jalan. Jadi, apa yang membuat orang tua yang baik menonjol? Yang terpenting, apa saja hal-hal spesifik yang dikorbankan orang tua untuk memastikan anak-anak mereka memiliki kehidupan yang lebih baik daripada mereka sebelumnya?

Berikut adalah 8 pengorbanan yang dilakukan orang tua yang baik untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada anak-anak mereka

1. Tidur malam yang nyenyak

Jika Anda orang tua yang baik, ucapkan selamat tinggal pada tidur. Sebuah penelitian dari University of Illinois Urbana-Champaign menunjukkan bahwa 60% ibu berada dalam kelompok tidur ibu yang rendah saat bayi mereka berusia tiga bulan atau lebih muda. Dan meskipun pola tidur mereka membaik seiring berjalannya waktu, kenyataannya adalah bahwa orang tua biasanya akan mengorbankan tidur untuk menjaga anak-anak mereka tetap bahagia dan sehat.

Misalnya, jika anak Anda sakit, Anda akan begadang mengurusnya. Atau, jika anak Anda perlu mengerjakan proyek sekolah di menit-menit terakhir, Anda akan membantunya hingga dini hari. Namun, itu hanyalah sebagian dari menjadi orang tua yang baik. Artinya, Anda harus memahami bahwa, terkadang, kurang tidur diperlukan jika Anda ingin anak-anak Anda menjalani kehidupan yang lebih baik daripada Anda.

2. Batasan

Memiliki anak mengharuskan orang tua untuk merasa nyaman dengan ketidaknyamanan. Artinya, bagi orang tua yang tidak terlalu penyayang, ruang pribadi dan batasan mungkin perlu dihilangkan, setidaknya dalam hal anak-anak.

Anak-anak Anda membutuhkan Anda secara emosional. Mereka membutuhkan kenyamanan yang diberikan pelukan dan telinga yang mau mendengarkan. Sejujurnya, anak Anda hanya membutuhkan kasih sayang. Jadi, meskipun mungkin tidak nyaman, jika Anda benar-benar ingin menjadi orang tua yang hebat, mulailah dengan mengorbankan kenyamanan Anda sendiri.

3. Ambisi dan tujuan

Orang tua yang baik memahami bahwa pengorbanan diperlukan untuk memberi anak-anak mereka kehidupan yang lebih baik. Namun, upaya yang mereka lakukan untuk mencapainya benar-benar mengagumkan. Orang tua mengorbankan impian dan ambisi mereka untuk terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka. Mereka memahami bahwa hadir adalah cara terbaik untuk menciptakan anak-anak yang lebih bahagia dan lebih sukses.

Menurut sebuah penelitian, keterlibatan orang tua membantu meningkatkan prestasi akademis anak, sementara penelitian lain menyimpulkan, “Anak-anak menunjukkan emosi positif ketika orang tua menghabiskan waktu bersama mereka, dan meningkatkan waktu itu adalah kunci untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.”

4. Kehidupan sosial

Satu penelitian menemukan bahwa ketika orang tua terlalu terlibat dengan anak-anak mereka, itu dapat berdampak negatif pada mereka, membuat mereka lebih sulit untuk mengendalikan emosi, perhatian, dan perilaku mereka. Namun, itu belum semuanya, karena penelitian lain menetapkan bahwa isolasi sosial dua kali lebih berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental daripada obesitas. Jadi, jika Anda seorang orang tua, pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri. Dan jangan pernah merasa bersalah karena menghabiskan waktu jauh dari anak-anak Anda setiap bulan purnama.

5. Hobi

Orang tua mungkin mengingat kembali saat terakhir mereka melakukan sesuatu yang mereka sukai, dan mungkin tidak menemukan apa pun. Sayangnya, orang tua yang baik tidak hanya mengorbankan tidur atau mimpi mereka untuk menjadi orang tua yang baik. Mereka juga mengorbankan hal-hal kecil.

Baik itu sesi bersepeda mingguan, pelajaran melukis, atau bahkan membaca buku terlaris terbaru, hobi-hobi tersebut terlupakan saat anak-anak membutuhkan Anda. Anda memahami bahwa hobi selalu dapat dilakukan kembali, tetapi anak-anak Anda hanya memiliki sedikit waktu bersama Anda sebelum mereka meninggalkan rumah.

6. Uang

Orang tua memahami tekanan finansial ekonomi lebih dari siapa pun. Sebuah laporan baru-baru ini menyatakan bahwa “47% orang tua dengan anak-anak yang sudah dewasa memberi mereka beberapa bentuk dukungan finansial.” Mengapa? Karena barang-barang semakin mahal saat ini.

Tetapi orang tua yang baik bersedia memberikannya kepada mereka, bahkan jika mereka sendiri sedang berjuang. Para orang tua ini memahami betapa sulitnya saat ini, menempatkan anak-anak mereka di jalan menuju kehidupan yang lebih baik dengan memangkas biaya hingga anak-anak mereka mampu berdiri sendiri.

7. Kedamaian

Sebuah laporan baru-baru ini menemukan bahwa sekitar 57% orang tua melaporkan kelelahan diri, dan ini sangat berkorelasi dengan ekspektasi internal dan eksternal. Karena orang tua merasa perlu memenuhi standar tertentu, mereka lebih sering merasa benar-benar kelelahan. Ini berbahaya, karena kelelahan dapat memengaruhi anak-anak Anda, yang menyebabkan kesehatan mental yang memburuk bagi semua orang yang terlibat. Itulah sebabnya perlu ada keseimbangan.

8. Kenyamanan

Kenyamanan adalah aspek yang membantu dalam kehidupan sehari-hari orang tua. Baik itu membuat makanan cepat saji atau memesan bahan makanan secara daring, tampaknya banyak yang menghemat waktu.

Namun, orang tua yang baik memahami bahwa meskipun kemudahan mungkin lebih mudah, itu tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi anak Anda. Meskipun lebih mudah untuk memesan makanan setiap hari, karena Anda memprioritaskan kesehatan anak Anda, Anda bersedia berusaha lebih keras untuk memasak sesuatu buatan sendiri untuk mereka. Dan itu menjadikan Anda orang tua yang hebat.

Populer video

Berita lainnya