Anto Mukti Putranto Pimpin Tim Pemenangan Pilkada Jateng, Segini Kekayaannya

Pict by Instagram

Letnan Jenderal TNI (Purn) Anto Mukti Putranto ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. Anto dulunya teman satu angkatan dengan Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa di Akademi Militer 1987. Namun, kini keduanya berada di pihak yang berbeda dalam Pilkada tersebut. Anto menjelaskan bahwa penunjukannya sebagai ketua tim pemenangan di Jawa Tengah merupakan perintah dari Prabowo Subianto.

Sebagai Ketua Tim Pemenangan, Anto tercatat terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2020. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), ia mengaku memiliki total kekayaan sebesar Rp 6,2 miliar. Sebagian besar hartanya berupa tanah dan bangunan senilai Rp 4,5 miliar. Aset tersebut tersebar di beberapa daerah, yaitu Bogor, Palembang, Tangerang, dan Subang. Semua tanah dan bangunan tersebut merupakan hasil usaha pribadi.

Selain aset properti, Anto juga memiliki beberapa kendaraan. Ia memiliki 6 mobil dan 2 motor dengan total nilai sekitar Rp 631 juta. Untuk kendaraan roda empat, ia memiliki Honda Jazz Minibus tahun 2015 senilai Rp 125 juta, Toyota Kijang Minibus tahun 2004 senilai Rp 95 juta, serta Mazda Double Cabin tahun 2011 senilai Rp 60 juta. Ia juga memiliki Land Rover Defender tahun 1998 dengan nilai Rp 100 juta, Isuzu Truk tahun 2007 seharga Rp 125 juta, serta Mercedes Benz Truk tahun 1984 yang nilainya Rp 100 juta. Semua mobil tersebut diperoleh dari hasil jerih payah sendiri.

Untuk kendaraan roda dua, Anto memiliki Husqvarna tahun 2012 senilai Rp 20 juta dan Yamaha Mio tahun 2010 yang bernilai Rp 6 juta. Kedua motor ini diperoleh melalui hibah dengan akta. Anto juga mengakui bahwa ia tidak memiliki aset bergerak lain maupun surat berharga. Namun, ia masih memiliki kas dan setara kas senilai Rp 1 miliar.

Anto Mukti Putranto dikenal sebagai sosok yang teliti dan transparan dalam mengelola kekayaannya. Penunjukannya sebagai Ketua Tim Pemenangan menandai langkah strategis dalam persiapan Pilkada Jawa Tengah 2024.

Populer video

Berita lainnya