9 Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Jakarta daripada Bali

pic by: canva.com

Mungkin kota megapolitan dengan gedung pencakar langit yang luas dan jalan-jalan yang ramai bukanlah yang terlintas dalam pikiran Anda ketika berpikir tentang Indonesia. Jika Anda tertarik dengan sisi lain Indonesia selain alam dan pantai Bali, ibu kota Jakarta mungkin cocok untuk Anda. Berikut adalah 9 alasan mengapa Anda harus mengunjungi Jakarta daripada Bali.

  • Keanekaragaman

Metropolitan seperti Jakarta, menarik orang-orang dari seluruh nusantara untuk tinggal dan mencari nafkah di sana. Hal itu menjadikan kota ini sebagai tempat perpaduan berbagai budaya dan suku, meskipun sebagian besar penduduk lokal di Bali adalah orang Bali dan Jawa. Budaya lokal Bali menarik untuk diamati, tetapi keragaman Jakarta menciptakan dinamika unik yang menawarkan banyak hal berbeda untuk dicoba dan dilihat, mulai dari orang-orang, makanan, adat istiadat, bahkan rumah ibadah untuk dikunjungi.

  • Kuliner

Ketika orang-orang dari berbagai daerah bermigrasi ke Jakarta, mereka membawa serta resep-resep otentik. Dari restoran mewah hingga pedagang kaki lima, wisatawan dapat menikmati berbagai macam makanan untuk dipilih. Berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada banyak makanan populer yang unik seperti sate, soto, bahkan nasi goreng yang lezat.

  • Tempat Belanja

Bali memiliki pasar seni yang luar biasa, butik, dan pasar tradisional, tetapi Jakarta masih mendominasi dalam hal pusat perbelanjaan besar dan tempat belanja modern. Ada lebih dari seratus mal yang berdesakan di hutan kota ini, menjadikannya salah satu surga belanja di Asia Tenggara. Pembeli dapat menemukan merek lokal dan internasional, barang-barang kerajinan tangan asli, dan barang-barang mewah. Yang lebih baik lagi, sekali setahun, kota ini menyelenggarakan acara diskon besar-besaran, Jakarta Great Sale, di mana harga dipangkas hingga 70%.

  • Angkutan Umum

Jakarta memiliki salah satu layanan angkutan umum paling andal di Indonesia, sementara di Bali, wisatawan harus menyewa sepeda atau mobil sendiri untuk berkeliling. Transjakarta mencakup hampir setiap area di kota, dan biayanya sekitar $0,3 per perjalanan. Jakarta juga tengah membangun jalur MRT yang akan rampung pada tahun 2018.

  • Pemandangan Kota

Meskipun pesona alam Bali — pantai, air terjun, gunung, dan masih banyak lagi — benar-benar memesona, Jakarta menawarkan pemandangan yang berbeda namun sama menakjubkannya. Hutan beton menghadirkan pemandangan yang energik yang berubah menjadi cakrawala yang menakjubkan di malam hari. Dan itu berarti pilihan bar atap dan makan malam romantis yang tak terbatas sambil menikmati pemandangan lampu-lampu kota.

  • Seni dan Budaya Kontemporer

Bali dapat berbangga diri karena telah dipilih oleh banyak seniman internasional untuk tinggal dan berkarya. Kita berbicara tentang Antonio Blanco, Le Meyeur, dan masih banyak lagi. Namun, dunia seni dan budaya Jakarta juga gemerlap dengan karya seni kontemporer yang menakjubkan dari seniman muda, baik lokal maupun internasional. Kota ini memiliki banyak ruang seni untuk dikunjungi, tempat wisatawan dapat mengagumi berbagai karya seni — lukisan, patung, instalasi, dan masih banyak lagi.

  • Irama Sejarah

Sebagai ibu kota dan pusat peradaban, Jakarta telah melalui banyak musim dan episode. Kota Tua Jakarta merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi. Kota ini masih memiliki bangunan kolonial tua yang dialihfungsikan menjadi museum dan kafe, termasuk pelabuhan bersejarah lama yang pernah menjadi pelabuhan utama kota.

  • Museum

Jika Anda tertarik untuk mempelajari sejarah dan budaya Indonesia, Jakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Museum-museum di Jakarta menyimpan cerita dan artefak dari berbagai era dan daerah. Di kota ini, wisatawan dapat mengunjungi berbagai museum, mulai dari Museum Nasional, Museum Tekstil, Museum Bank Indonesia, dan masih banyak lagi. Seringkali, koleksi dari museum-museum di Jakarta mewakili budaya dari seluruh negeri, termasuk, tentu saja, Bali.

  • Kepulauan

Bali tentu saja bukan satu-satunya pulau yang menakjubkan di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, dan wilayah Jakarta meliputi beberapa pulau kecil terindah di rangkaian Kepulauan Seribu. Di antara ratusan pulau, sekitar selusin di antaranya terbuka untuk wisatawan, menghadirkan keindahan pantai tropis dengan banyak kegiatan untuk dinikmati. Pulau terdekat dari Jakarta hanya dapat dikunjungi dengan perahu selama setengah jam dan beberapa di antaranya terletak berdekatan sehingga Anda dapat mengunjungi dua atau tiga pulau sekaligus (ini sebenarnya versi Indonesia dari dua pulau terlampaui sekaligus).

Populer video

Berita lainnya