Malaysia Kalahkan Filipina 2-1, Lolos ke Final

Pict by Instagram

Timnas Malaysia berhasil menang 2-1 atas Filipina dalam turnamen Pestabola Merdeka 2024. Pertandingan berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Rabu malam (4/9/2024). Malaysia sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Feroz Baharudin di menit ke-26. Feroz salah mengantisipasi umpan silang dari sisi kanan, membuat bola masuk ke gawang sendiri. Kiper Malaysia, Ahmad Hazmi, tak mampu menyelamatkan bola tersebut.

Beruntung, Malaysia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-42. Syamer Kutty Abba mencetak gol melalui tendangan jarak jauh setelah memanfaatkan bola liar dari sepak pojok. Gol ini memberi harapan bagi Malaysia yang bermain di bawah pelatih baru, Pau Marti.

Di babak kedua, Malaysia mendapatkan penalti di menit ke-71. Safawi Rashid sukses mengeksekusi tendangan penalti dan membawa Malaysia unggul 2-1. Namun, penalti ini menimbulkan kontroversi karena Arif Aiman terlihat jatuh dengan mudah di kotak penalti, meskipun ada kontak dari bek Filipina. Protes dari pemain Filipina muncul, namun wasit asal Indonesia, Yudi Nurcahya, tetap pada keputusannya.

Pertandingan sempat dihentikan sejenak setelah terjadi keributan antar pemain. Insiden ini dipicu oleh aksi Arif Aiman yang menendang kaki Paul Bismarck. Paul merespons dengan mencoba menanduk Arif, yang kemudian jatuh secara dramatis. Keributan mereda setelah wasit memberi kartu kuning pada pemain dari kedua tim.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir pertandingan. Skor 2-1 bertahan, dan Malaysia berhak melaju ke final Pestabola Merdeka 2024. Di partai final, Malaysia akan bertemu Timnas Lebanon, yang sebelumnya menang atas Tajikistan dengan skor 1-0. Gol kemenangan Lebanon dicetak oleh Jihad Ayoub, mantan pemain PSS Sleman. Final turnamen ini akan digelar pada 8 September 2024 di Stadion Nasional Bukit Jalil.

Populer video

Berita lainnya