5 Tanda Bahaya dan Titik Buta saat Berkencan dengan Seorang Narsisis

pic by: canva.com

Saat kamu berkencan dengan seorang narsisis, kamu harus selalu memperhatikan beberapa tanda bahaya dan titik buta yang akan memberi kamu petunjuk tentang orang toxic seperti apa mereka sebenarnya. Mari kita bahas tanda bahaya seorang narsisis dan tanda-tanda berkencan dengan seorang narsisis. Orang-orang mudah terpesona oleh seorang narsisis, terutama yang saling bergantung. Narsisis bisa memikat dan karismatik.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa pesona mereka yang menyenangkan baru terlihat setelah tujuh kali pertemuan. Ada penjelasan bawah sadar mengapa kamu mungkin tidak mengenali seorang narsisis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu mungkin tidak mengenali seorang narsisis:

  • Ketertarikan seksual.

Semakin besar ketertarikan fisik dan intensitas seksual, semakin mudah untuk mengabaikan tanda-tanda bahaya. Individu yang dapat melihat aura berpendapat bahwa energi seksual secara harfiah mengaburkan energi mental dan emosional―mengapa nafsu itu buta.

  • Rayuan.

Narsisis adalah manipulator yang terampil. Beberapa bisa sangat menggoda, dan tidak hanya secara seksual. Mereka mungkin pendengar dan komunikator yang mahir atau memikat kamu dengan, sanjungan, pengungkapan diri, dan kerentanan―tepat kebalikan dari apa yang mungkin kamu harapkan dari seorang narsisis. Waspadai Tanda-tanda Bahaya Ini Saat Berkencan dengan Seorang Narsisis

  • Idealisasi.

Seringkali narsisis sangat berprestasi, sukses, tampan, kuat, dan/atau multitalenta. Sangat mudah untuk mengidealkan mereka dan ingin berbagi manfaat dari keistimewaan mereka, terutama jika Anda merasa rendah diri. Orang dengan harga diri rendah, seperti orang yang saling bergantung, lebih cenderung mengidealkan seseorang yang mereka kagumi.

Mereka mungkin tertarik pada sifat narsistik khas yang tidak mereka miliki, seperti kekuatan dan keberanian. Sisi negatifnya adalah bahwa idealisasi membuat kita mengabaikan informasi yang bertentangan.

  • Keakraban.

Jika kamu memiliki orang tua yang narsis, bersama seorang narsisis akan terasa akrab―seperti keluarga. Ketertarikan ini terjadi di bawah kesadaran dan sering disebut sebagai “chemistry.” Dengan terapi pribadi, ketertarikan ini dapat berubah sehingga kamu dengan mudah mengenali seseorang yang kasar atau egois. Kamu bahkan mungkin menjauh alih-alih tertarik pada seorang narsisis.

  • Ketergantungan.

Jika kamu memiliki harga diri rendah atau saling bergantung, kamu mungkin tidak menyadari perasaan yang dapat membimbingmu. Kamu mungkin tidak merasa berhak untuk dihormati dan kebutuhan serta keinginan kamu dipenuhi. Kebanyakan orang yang saling bergantung cenderung mengakomodasi dan menyenangkan orang lain―cocok untuk seorang narsisis. Kecenderungan ini lebih kuat pada awal kencan ketika kamu mencoba untuk membuat kesan yang baik. Dengan demikian, Anda mungkin mengabaikan atau merasionalisasi perasaan tidak nyaman dan cemas yang menandakan masalah.

Satu studi menemukan bahwa ketika narsisis mengetahui gejala NPD, mereka dengan mudah mengakui bahwa mereka narsisis ketika ditanya. Jadi kamu juga dapat bertanya, asalkan mereka mengetahui sifat-sifatnya. Kebutuhan untuk dikagumi, kurangnya empati, dan kemegahan adalah kuncinya. Cari juga tanda-tanda kesombongan dan hak istimewa.

  • Keegoisan.

Bagi kaum narsisis, dunia berputar di sekitar mereka. Orang lain hanya dua dimensi, yang berarti bahwa narsisis tidak dapat berempati. Mereka berada dalam realitas mereka sendiri dan melihat kamu sebagai perpanjangan dari diri mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Waspadalah bahwa pola ini kemungkinan akan berlanjut.

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa narsisis adalah komunikator yang terampil dan akan tampak terpesona oleh kamu, bahkan mencerminkan minat kamu untuk membuatmu menyukainya. Mereka mungkin pandai dalam keintiman jangka pendek dan membuat kamu merasa seperti raja atau ratu; tetapi pada akhirnya, mereka tidak melanjutkan tindakan itu.

  • Kesombongan.

Narsisis merasa lebih unggul dari orang lain dan bisa bersikap kasar ketika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal ini terungkap dalam perilaku mereka dan bagaimana mereka berbicara tentang diri mereka sendiri dan orang lain. Apakah teman kencan kamu seorang pencari kesalahan yang mengkritik atau menyalahkan orang lain, lawan jenis, atau mantan?  Suatu hari dia mungkin akan mencaci maki kamu.

  • Hak istimewa.

Sifat ini adalah tanda. Ini mengungkapkan bagaimana narsisis berpikir bahwa mereka adalah pusat alam semesta. Mereka tidak hanya percaya bahwa mereka istimewa dan lebih unggul dari orang lain, tetapi juga bahwa mereka pantas diperlakukan khusus dan bahwa aturan tidak berlaku bagi mereka.

  • Membual dan butuh dikagumi.

Meskipun karena narsisis ingin percaya bahwa mereka lebih unggul dan terbaik, mereka sebenarnya tidak aman. Oleh karena itu, mereka membutuhkan validasi, penghargaan, dan pengakuan yang konstan. Mereka mencarinya dengan membual tentang diri mereka sendiri dan prestasi mereka. Mereka bahkan mungkin berbohong atau melebih-lebihkan.

  • Kontrol dan manipulasi.

Narsisis mengutamakan kebutuhan mereka. Mereka mungkin memanipulasi kamu dengan sanjungan, meremehkan, atau ancaman. Kurangnya empati mereka mungkin terlihat saat merencanakan kencan. Waktu dan tempat mungkin merupakan negosiasi yang sulit atau sesuai dengan keinginan mereka, terutama jika mereka merasa bahwa Anda tertarik pada mereka.

Populer video

Berita lainnya