Paris Siap Sambut Paralympiade Perdana dengan Penuh Semangat

Pict by Instagram

Pada Rabu, 28 Agustus, Paris akan menggelar Paralympiade pertama mereka dengan upacara pembukaan yang spektakuler di jantung ibu kota Prancis. Pada pukul 20:00 waktu setempat, Place de la Concorde dan Champs-Elysées akan menjadi tuan rumah bagi 4.400 atlet Paralympiade dari 184 delegasi. Mereka akan merayakan dimulainya 11 hari kompetisi yang akan dimulai pada 29 Agustus.

Dipimpin oleh Thomas Jolly, upacara ini akan menampilkan para atlet Paralympiade dan nilai-nilai yang mereka junjung tinggi. Jolly, selaku Direktur Artistik untuk Olimpiade dan Paralympiade Paris 2024, menggambarkan konsep acara ini sebagai “sumber inspirasi yang luar biasa.” Ia menjanjikan penampilan yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam sebuah “spektakel yang akan menyatukan penonton dan pemirsa televisi di seluruh dunia dalam semangat unik Paralympiade.”

Acara pembukaan ini akan digelar di luar stadion, di mana para atlet akan berparade di sepanjang jalan terkenal tersebut. Puncaknya, upacara resmi akan diadakan di alun-alun ikonik di depan ribuan penonton. “Ini momen luar biasa bagi para atlet kita, yang akan menjadi bagian dari upacara pembukaan bersejarah di jalan paling terkenal di dunia, dikelilingi oleh pesona Paris,” kata Jitske Visser, peraih medali bola basket kursi roda Paralympiade dan Presiden Komisi Atlet IPC serta peserta Paris 2024.

“Upacara di pusat kota ini merupakan simbol kuat yang menggambarkan ambisi kita untuk menjadikan Paralympiade pertama di negara kita sebagai momen penting untuk menempatkan isu inklusi bagi penyandang disabilitas di pusat perhatian masyarakat kita,” ujar Tony Estanguet, Presiden Paris 2024.

Populer video

Berita lainnya