Video Viral Party di Dekat Masjid, Klarifikasi dan Peringatan

Pict by Instagram

Sekretaris Umum MUI Sulsel, Muammar Bakry, memberikan tanggapan terkait video viral yang menunjukkan pria dan wanita berjoget di sekitar Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang, Kabupaten Wajo. Dia mengimbau agar semua pihak bersikap bijak dan tidak terburu-buru menilai peristiwa tersebut. Muammar Bakry menjelaskan bahwa setelah melakukan konfirmasi, lokasi berjoget tersebut bukan di halaman masjid atau di dalam masjid. Menurutnya, kejadian itu terjadi karena mereka hanya melintas di sekitar area masjid saat antre masuk ke lapangan.

“Setelah konfirmasi dengan teman-teman di sana, ternyata mereka hanya numpang lewat,” ungkapnya, dikutip dari detikSulsel, Jumat (23/8/2024). Dia menegaskan bahwa tidak mungkin masjid atau halamannya digunakan untuk pesta atau acara semacam itu. Muammar percaya bahwa masyarakat tidak akan melakukan hal tidak senonoh di tempat ibadah. “Masjid adalah tempat ibadah, tidak seharusnya ada acara seperti itu di sana,” tambahnya.

Dia juga menekankan perlunya sikap bijak dalam menanggapi peristiwa ini dan meminta agar citra “Sengkang sebagai kota santri” tidak tercemar oleh kejadian tersebut. “Kita harus melihat secara objektif. Jangan sampai video ini mengubah persepsi bahwa Sengkang sebagai kota santri tidak islami,” jelas Muammar. Sebelumnya, pada Kamis (15/8), video menunjukkan pria dan wanita berjoget dengan musik DJ di sekitar Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang. Pengurus masjid memberikan klarifikasi bahwa kejadian tersebut tidak berlangsung di area masjid.

Menurut Karyaman dari Seksi Pembangunan Masjid Agung Ummul Quraa, kejadian itu berlangsung di jalan raya, bukan di pekarangan masjid. “Itu terjadi di jalan raya, berdekatan dengan pekarangan masjid dan Lapangan Merdeka,” kata Karyaman, Jumat (23/8). Karyaman menjelaskan bahwa perayaan tersebut merupakan bagian dari malam lampion dalam rangka 17 Agustus. Gambar yang beredar menunjukkan pesta diambil dari Lapangan Merdeka sehingga terkesan berada di pelataran masjid. “Gambar tersebut diambil di sekitar lapangan dan tidak di pekarangan masjid,” imbuhnya.

Populer video

Berita lainnya