Misteri Nama Mulyono, Asal-usul dan Sejarah Jokowi

Pict by Instagram

Nama Mulyono mendadak menjadi trending topic di Google pada Jumat, 23 Agustus 2024. Nama ini juga menduduki posisi teratas di daftar trending topic X (dahulu Twitter) sejak 22 Agustus 2024. Namun, apa sebenarnya asal-usul nama Mulyono dalam bahasa Jawa?

Mulyono adalah nama awal Joko Widodo yang diberikan saat lahir. Dalam bahasa Jawa, Mulyono berarti “mulia”. Namun, nama ini tidak bertahan lama karena dianggap tidak cocok. Joko Widodo, yang dikenal dengan nama Jokowi, diganti karena sering sakit-sakitan.

Orang tua Jokowi akhirnya memilih nama Joko Widodo yang berarti “anak lelaki yang selamat dan sejahtera”. Nama ini kemudian menjadi sangat dikenal di Indonesia. Jokowi adalah presiden Indonesia ke-7 yang menjabat dari 2014 hingga 2024.

Jokowi dikenal luas setelah perjalanan panjangnya dalam dunia politik. Sejak kecil, ia hidup dalam kesederhanaan. Keluarganya tinggal di rumah kontrakan di bantaran Kali Anyar, Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Jarak antara rumah Jokowi dan Kali Anyar hanya sekitar 20 meter. Selama 12 tahun, Jokowi dan keluarganya tinggal di bantaran kali tersebut. Ayah Jokowi berjualan kayu dan bambu di tepi kali untuk menghidupi keluarga. Mereka bahkan sering berpindah rumah sewa.

Pengalaman hidup sederhana dan dekat dengan kayu ini membentuk Jokowi. Ia melanjutkan studi S-1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). Di UGM, Jokowi memilih studi teknologi kayu dan lulus pada tahun 1985. Skripsinya berjudul “Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Populer video

Berita lainnya