7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

pic by: canva.com

Jika Anda mengonsumsi gula terlalu banyak, toleransi indera pengecap terhadap gula akan meningkat dan tubuh Anda akan lebih membutuhkannya. Konsumsi gula yang berlebihan juga berarti lebih banyak kalori. Hal ini disebabkan karena gula tidak mengandung serat atau protein dan tidak membuat Anda kenyang, sehingga Anda terus makan. Berikut adalah 7 tanda anda terlalu banyak mengonsumsi gula:

1. Kurang Energi dan Lelah

Jika Anda merasa lelah dan letih hampir sepanjang waktu, ini berarti Anda mengonsumsi terlalu banyak gula dalam makanan Anda. Secara alami, makanan ini meningkatkan karbohidrat dan memberi Anda energi, tetapi ini hanya sementara. Jadi, jika Anda merasa lelah hampir sepanjang waktu, periksa apakah Anda mengonsumsi terlalu banyak gula.

2. Keinginan Mengonsumsi Karbohidrat/Gula

Jika Anda selalu menginginkan gula, kemungkinan besar Anda akan menjadi pecandu gula. Jadi, jika Anda tidak dapat menghindari karbohidrat, maka Anda akan sangat kecanduan gula.

3. Sering Flu dan Pilek

Jika Anda selalu sakit, ini bisa jadi karena terlalu banyak gula dalam makanan Anda. Jadi, setiap virus akan menyerang Anda dan membuat Anda sakit. Gula melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kemampuan Anda untuk melawan flu, pilek, virus, dan penyakit kronis menjadi lebih lemah.

4, Otak Menjadi Berkabut (Terutama Setelah Makan)

Kabut merupakan tanda gula darah rendah. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, kadar gula darah akan naik dan turun dengan cepat, bukan secara bertahap. Jadi, kontrol gula yang buruk berisiko tinggi terhadap gangguan dan masalah kognitif.

5. Tidak Ada yang Semanis Dulu

Ketika indera pengecap membutuhkan gula untuk merasa manis, akan sangat sulit untuk menurunkan kadar gula dasar. Namun, jika Anda menguranginya sedikit, Anda dapat menurunkan toleransi lagi. Selain itu, Anda akan merasakan sesuatu terlalu manis dan Anda akan dapat merasakan gula dalam jumlah sedang.

6. Masalah Kaki dan Kulit

Ketika Anda mengonsumsi gula, gula akan menyebabkan efek peradangan pada tubuh dan akan menyebabkan beberapa masalah peradangan pada kulit. Jadi, jika Anda menderita kulit kering atau berminyak yang berlebihan, eksim, rosacea atau jerawat, itu bisa jadi kesalahan gula. Jadi, Anda perlu menguranginya sedikit untuk memperbaiki masalah kulit.

7. Berat Badan Bertambah

hal yang dapat memicu pelepasan insulin, yang merupakan hormon penting untuk penambahan berat badan. Jika Anda mengonsumsi gula, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin dan ini akan menyebabkan resistensi insulin. Artinya, tubuh tidak akan dapat merespons jumlah insulin normal sebagaimana mestinya dan tidak akan dapat menggunakan gula dengan benar. Dengan demikian, hal ini akan menyebabkan penambahan berat badan dan kerja pankreas yang berlebihan. Dengan kerja keras ini, Anda dapat terkena diabetes.

Seperti yang Anda lihat, gula dapat sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Populer video

Berita lainnya