Jika Merasakan 7 Masalah Ini, Mungkin Kamu Berbakat dengan Kecerdasan Tinggi

pic by: canva.com

Dr. Joey Lawrence, yang biasa dipanggil Dr. Joey, adalah seorang psikolog klinis yang mengkhususkan diri dalam psikologi neurodivergen. Ia baru-baru ini mengunggah sebuah video yang membahas tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh “orang-orang berbakat”.

Orang-orang berbakat memiliki kapasitas untuk berprestasi dan belajar dengan kecepatan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan teman sebayanya, tetapi menurut Dr. Joey, mereka juga tampaknya memiliki sifat-sifat dan penanda kepribadian tertentu yang terpisah dari IQ.

Jika Anda merasakan 7 masalah ini, Anda mungkin adalah orang berbakat dengan kecerdasan tinggi.

  • Anda sering mempertanyakan otoritas.

Mereka berusaha untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang hal-hal yang mungkin tidak dapat mereka proses sepenuhnya. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan rasa keterasingan atau perasaan tidak sejalan dengan orang lain. Mereka mungkin mengajukan pertanyaan yang tidak diajukan orang lain, sehingga mereka dikucilkan karena tidak mengikuti norma.

  • Anda memiliki ‘ide-ide yang tidak biasa’ dan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Berkat sifat ingin tahu dan cara mereka memproses informasi dan dunia di sekitar mereka, orang-orang berbakat mampu menangani pikiran dan ide dari sudut pandang yang mungkin tidak dapat dilakukan orang lain. Mereka dapat memunculkan “ide-ide yang tidak biasa” karena pikiran mereka beroperasi pada tingkat yang berbeda dari apa yang dianggap “normal.” Mereka berpikir lebih abstrak dan mendalam, tetapi ini tidak selalu merupakan hal yang baik. Anda sangat sensitif, empatik, dan penyayang.

  • Anda memiliki keyakinan moral yang kuat.

Karena orang-orang berbakat mampu berpikir mendalam dan kreatif, mereka juga memiliki pendapat yang kuat. Mereka memiliki rasa keadilan dan keyakinan moral yang kuat.

Setiap kali mereka melihat ketidakadilan di dunia atau pelanggaran kebenaran moral, mereka marah karenanya dan bersemangat untuk memperjuangkannya.

  • Anda sering mencari ‘kebenaran hakiki.’

“Kebenaran hakiki” sering didefinisikan sebagai fakta yang tidak dapat diubah, dan untuk mencapai kebenaran hakiki mereka mengajukan banyak pertanyaan. Beberapa orang dapat merasa jengkel dengan seseorang yang mengajukan banyak pertanyaan, terutama ketika pertanyaan-pertanyaan tersebut ditujukan pada alasan mereka mengatakan atau melakukan sesuatu.

  • Anda berjuang untuk percaya bahwa Anda benar-benar berbakat.

Inilah yang disebutnya “pemikiran binokular.” Orang lain di sekitar mereka benar-benar tidak berpikir pada tingkat yang sama dengan orang-orang berbakat. Sementara orang-orang berbakat sering berpikir sangat mendalam tentang dunia di sekitar mereka dan membuat matriks yang kompleks untuk memahami segalanya, orang lain tidak.

  • Anda secara aktif berusaha menghindari kesan sombong.

Dr. Joey percaya bahwa kuncinya di sini adalah menerima bahwa menjadi berbakat adalah “neurotipe unik yang disertai dengan tantangan dan manfaat, dan menyadari bahwa, dalam banyak kasus, orang yang berbakat lebih merasakannya sebagai ketidakmampuan daripada kemampuan.”

Apakah Anda berbakat dan mengidentifikasi diri dengan “masalah” ini atau tidak, penting untuk diingat bahwa semua ciri kepribadian istimewa yang membentuk diri kita harus dirayakan. Ajukan semua pertanyaan, rangkul “ide-ide yang tidak biasa,” dan teruslah mencari “kebenaran hakiki” karena perbedaan-perbedaan inilah yang membuat dunia menjadi tempat yang indah.

Populer video

Berita lainnya