Bagaimana Bersabar menghadapi Tantangan Dalam Hidup Menurut Pandangan Islam

pic by: canva.com

Kesabaran adalah kunci kesuksesan seperti yang kita lihat di seluruh Al-Qur’an. Allah mengarahkan kita pada kebajikan ini berulang kali karena Dia, Yang Maha Penyayang mengetahui bahwa kita membutuhkan keterampilan ini untuk melewati tantangan hidup. Namun seringkali kita merasa sulit untuk benar-benar mempraktikkannya.

Jadi bagaimana anda bisa bersabar ketika anda sangat membutuhkannya? Islam berulang kali menunjukkan kepada kita bahwa kesabaran lahir dari praktik. Cara untuk benar-benar menciptakan keterampilan kesabaran adalah dengan memahami berbagai jenis kesabaran dan mempraktikkannya satu per satu. Jenis kesabaran yang paling anda butuhkan akan menjadi jelas ketika anda melihat perjuangan yang anda hadapi.

Sabar bisa berarti bertahan, bisa berarti menahan diri, bisa juga berarti pantang menyerah, bisa juga berarti tekun. Kesabaran pada tingkat dasarnya adalah menghentikan diri anda dari melakukan atau mengatakan apa pun dan memberi diri anda waktu untuk berpikir dan mencerna apa yang sedang anda hadapi.

Dalam pelajaran singkat tentang kesabaran ini kita akan melihat bagaimana anda dapat memupuk beberapa karakteristik paling penting dari orang yang Sabar. Tapi saya ingin anda memahami pentingnya Kesabaran dalam Islam, sebagaimana Allah swt mengucapkan selamat kepada Sabiroun (yang Sabar) Dia berfirman: Wa Bashiroo Sabiroon “Dan sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar” Surat Al Baqarah, 155

Kabar gembiranya adalah kabar Kesuksesan dan surga akhirat. Kesabaran akan mendatangkan anugerah terbesar dalam kehidupan dunia dan akhirat yang kekal. Jadi bisa dibayangkan betapa hebatnya keterampilan dan kebajikan ini. Oke, jadi mari kita lihat dua jenis kesabaran terpenting yang kita butuhkan.

JENIS KESABARAN YANG PERTAMA ADALAH KETEKUNAN

Ketekunan, atau cara yang lebih baik untuk menggambarkannya, mungkin adalah jangan pernah menyerah. Salah satu ciri muttaqun, kaum elit Muslim, adalah mereka tidak pernah menyerah pada hal-hal yang ingin mereka lakukan. Jadi para ‘Muttaqun’, mereka menjadi teladan terbaik dengan pantang menyerah, dengan selalu berusaha.

Jadi kita diperintahkan untuk mencari pertolongan Allah dengan menggunakan dua hal ini, dua alat terhebat yang kita miliki. Ini adalah dua hal yang akan memberi anda kesuksesan terbesar yang bisa anda capai. Yang pertama adalah kesabaran, dan kata lain dari itu adalah ketekunan, terus berupaya mencapai sesuatu. Dan yang kedua adalah Doa, memohon kepada Satu-Satunya yang dapat memberikan apa pun yang Anda inginkan.

Jika anda pernah gagal sebelumnya dalam sesuatu yang benar-benar ingin anda lakukan dan anda tidak pernah kembali melakukannya, itu bukan karena anda gagal. Sudah menjadi sifat manusia bahwa kita menjadi kecewa dan menyerah. Kesabaran itu adalah kamu tekun, kamu terus berusaha dan kamu mengubah caramu. Jika ada yang tidak berfungsi, coba yang lain. Namun anda terus berusaha sampai anda mendapatkan apa yang anda inginkan.

JENIS KESABARAN YANG KEDUA ADALAH BERDOA TERUS-MENERUS

Sekarang jika anda mengambil semua tindakan di dunia dan anda mencoba semua yang anda bisa lakukan tetapi tidak memberikan hasil yang anda inginkan. Anda perlu menyadari bahwa anda hanya melakukan apa yang diperlukan. Kita mempunyai kemampuan yang terbatas namun Allah subhanahu-wa-tala tidak terbatas, Allah subhanahu-wa-tala mampu mengabulkan apapun yang kita minta.

Maka Allah subhanahu-wa-tala berfirman, carilah pertolongan Allah dengan berbuat, tekun, tabah. Dan yang kedua dengan berdoa kepada Allah, berdoa, melakukan ‘nawafil’ ekstra, melakukan ‘Sholat’ ekstra bukan hanya salat 5 waktu saja. Mintalah kepada Allah-subhanahu-wa-tala, dan apa pun yang terus-menerus anda minta, Allah subhanahu-wa-tala akan memberikannya kepada Anda karena pada akhirnya Doa adalah kunci dari segalanya.

Doa Membuat Anda Tak Terbatas:

Anda dan saya, seperti yang telah saya katakan, kemampuan kita terbatas, tetapi bagaimana jika anda dapat mengembangkan kemampuan anda. Jika Allah mengabulkan doa anda, meskipun sebelumnya anda tidak dapat melakukannya, Anda dapat melakukannya sekarang.

Kita tahu bahwa ‘Muttaqun’, mereka adalah orang-orang yang mencari pertolongan Allah dengan mengambil tindakan, terus menerus dan tekun serta bersabar dalam hal itu. Mereka pun melengkapi perbuatannya dengan memohon kepada Allah, karena Allah lah yang memberikan kesuksesan dan kedudukan tertinggi kepada kita.

Tanyakan pada diri Anda, Apakah saya melakukan Tindakan terus menerus? Dan apakah saya bertanya kepada Allah terus menerus? Jika Anda gagal dalam salah satu dari dua jenis kesabaran ini, maka saya sarankan untuk segera memulainya karena Allah akan memberikan apa pun yang baik bagi anda, namun Anda harus meminta dan mengambil tindakan untuk mencapainya. Ingatlah sabar dalam hal ini berarti terus mencarinya tanpa putus asa.

Populer video

Berita lainnya