Ciri-Ciri Kepribadian Sesuai Urutan Kelahiran

pic by: canva.com

Tahukah anda bahwa urutan kelahiran di keluarga anda dapat secara langsung memengaruhi kepribadian anda, dan bahkan sangat membentuknya? Bagaimana urutan kelahiran mempengaruhi kepribadian? Anda akan melakukan perjalanan keluarga dengan saudara dewasa anda. Manakah dari tiga skenario berikut yang paling mirip dengan anda?

1. Anda telah merencanakannya selama berminggu-minggu, mengamankan kamar hotel, membuat reservasi restoran, mengganti oli mobil, dan mengisi bahan bakar — dan anda telah merencanakan tempat peristirahatan di sepanjang jalan.

2. Anda terburu-buru sepanjang pagi untuk membereskan barang-barang, dan akhirnya membuang makanan ringan dan pakaian secara sembarangan ke dalam tas anda di menit-menit terakhir. Jika anda yang mengemudi, anda berharap dapat menemukan pompa bensin dan mengisi tangki yang setengah kosong di jalan.

3. Perjalanan keluarga? Terdengar menyenangkan! Anda hanya ikut serta tanpa kontribusi yang direncanakan sebelumnya kecuali cerita lucu dan lelucon anda yang menghibur. Kamu menikmati makanan ringan yang dikemas kakakmu di dalam mobil, dan kamu menyadari bahwa kamu mungkin perlu membeli mantel yang sesuai dengan cuaca saat tiba di tempat tujuan.

  • Jika skenario pertama terdengar familier, kemungkinan besar anda adalah anak tertua.
  • Jika skenario kedua menggambarkan anda dengan baik, Anda mungkin adalah anak tengah.
  • Jika anda paling memahami skenario ketiga, kemungkinan besar anda adalah anak bungsu dalam keluarga.

Ciri-ciri Kepribadian Urutan Kelahiran Sementara anak sulung diprogram untuk unggul dan berprestasi, anak tengah dibesarkan untuk menjadi pengertian dan pendamai dan bungsu mencari perhatian. Hasilnya, urutan kelahiran merupakan variabel yang kuat dalam pembentukan kepribadian anda.

1. Anak Sulung: Ciri-ciri kepribadian utama: Bertanggung jawab, pemimpin, perfeksionis, sangat membutuhkan persetujuan dari orang yang bertanggung jawab, sangat termotivasi untuk berhasil. Mereka mendapat begitu banyak kendali dan perhatian dari orang tua pertama mereka, mereka terlalu bertanggung jawab, dapat diandalkan, berkelakuan baik, dan berhati-hati. Jika anda anak sulung, anda mungkin adalah orang yang berprestasi tinggi, mencari persetujuan, mendominasi, dan perfeksionis yang menghabiskan semua oksigen di ruangan. Anda dapat ditemukan dalam karir kepemimpinan seperti hukum, kedokteran, atau sebagai CEO.

2. Anak Tengah: Ciri-ciri kepribadian utama: Rahasia, tidak aman, banyak akal, mandiri, memilih kompromi atas konflik, mediator, mudah beradaptasi, memberontak. Jika anda anak tengah, anda mungkin pengertian, kooperatif, fleksibel, namun kompetitif. Anda prihatin dengan keadilan. Faktanya, sebagai anak tengah, anda cenderung memilih lingkaran pertemanan yang akrab untuk mewakili keluarga besar anda. Di sinilah Anda akan menemukan perhatian yang mungkin kurang dari keluarga asal anda. Sebagai anak tengah, anda menerima sedikit perhatian dari keluarga dan sebagai hasilnya, keluarga pilihan anda adalah kompensasi anda.

3. Anak Bungsu: Ciri-ciri Kepribadian Utama: Manja, dilindungi hingga tidak berdaya, manipulatif, tidak bertanggung jawab secara finansial, ramah, ekstrovert, sosial. Jika anda masih bayi, orang tua anda sudah yakin dengan peran mereka sebagai pengasuh, dan oleh karena itu mereka lebih lunak dan tidak terlalu memperhatikan setiap gerakan atau pencapaian anda seperti yang mereka lakukan pada kakak anda. Jadi, anda telah belajar cara merayu orang banyak dengan pesona dan kesukaan. Sebagai anak bungsu, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dibandingkan saudara-saudaranya yang lain dan, dalam arti tertentu, lebih mandiri. Sebagai anak bungsu, kamu juga mempunyai banyak kesamaan dengan kakak tertuamu, karena kalian berdua diciptakan untuk merasa spesial dan berhak. Jangkauan pengaruh anda meluas ke seluruh keluarga, yang mendukung anda baik secara emosional maupun fisik.

4. The Lone Wolf/ Anak Tunggal: Ciri-ciri kepribadian utama: Peka terhadap kritik, nyaman dengan orang dewasa, bertanggung jawab, percaya diri, sangat mirip dengan anak sulung. Jika anda adalah anak tunggal, anda tumbuh dikelilingi oleh orang dewasa, sehingga lebih pandai bicara dan sering kali lebih dewasa. Hal ini memungkinkan peningkatan kecerdasan yang melebihi perbedaan urutan kelahiran lainnya.

Populer video

Berita lainnya