Jokowi Bersama Artis dan Influencer Motoran di Tol Ibu Kota Nusantara

Pict by Instagram

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan motor bersama artis dan influencer. Jokowi mengenakan jaket bertuliskan Nusantara dan berlogo IKN. Saat tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024), ia sudah mengenakan jaket itu. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga tampil casual dengan hoodie.

Jokowi disambut sejumlah pejabat di bandara, termasuk Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto, dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah. Setelah itu, Jokowi langsung menjajal jalan tol IKN dengan motor custom berwarna dominan hijau, didampingi beberapa pejabat. Di antaranya Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono serta Wakil Menteri ATR/BPN yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Selain pejabat, sejumlah penggiat seni dan influencer juga ikut motoran bersama Jokowi. Beberapa di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Sintya Marisca, Ferry Maryadi, Gading Marten, Poppy Sovia, Willie Salim, Meicy Villia, dan Dian Ayu Lestari. Mereka mengendarai motor dari jalan tol menuju lokasi peresmian Jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam peresmian itu, Jokowi menyatakan jembatan yang dibangun sejak 2015 menghabiskan anggaran Rp 1,43 triliun. Jalan tol yang belum selesai 100% sudah bisa dicoba dan terasa mulus serta nyaman. Jokowi juga bercerita saat melintas di tol IKN, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengendarai motor dengan kecepatan tinggi. Jokowi berseloroh motornya bakal ketinggalan jika tidak ikut ngebut.

“Menteri PU Pak Basuki yang menyebabkan kita tadi harus ngebut. Beliau di depan ngebut terus kalau kita nggak ikut ngebut, ketinggalan terlalu jauh,” ujarnya sambil tertawa. Jokowi menjelaskan alasan naik motor saat menjajal jalan tol IKN. Menurutnya, kondisi jalan tol lebih terasa jika menggunakan sepeda motor. “Ya tadi mencoba jalan itu paling gampang kalau kita naik sepeda motor. Ada gini sedikit saja akan terasa. Dan tadi saya mengajak beliau-beliau ini semuanya naik motor merasakan jalan tol menuju IKN,” jelas Jokowi.

Jokowi pun mengapresiasi kondisi jalan tol yang dinilai sudah cukup baik. Meski masih dalam tahap pembangunan, kondisi jalan tol cukup baik untuk dilewati kendaraan bermotor. “Meskipun belum selesai tetapi alhamdulillah tadi lancar dan mulus,” ungkap Jokowi. Jokowi telah memerintahkan Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut. Presiden berpesan agar penghijauan di sekitar jalan tol tetap diutamakan. “Meskipun itu belum selesai, masih ada 1 layer lagi di atasnya nanti langsung kelihatan mulusnya nanti. Tapi yang paling penting kanan kiri saya minta ke Pak Menteri PU harus super hijau,” tegas Presiden.

Kegiatan motoran ini tidak hanya menjadi ajang mengecek infrastruktur, tetapi juga menarik perhatian publik dengan melibatkan artis dan influencer. Dukungan dan partisipasi mereka diharapkan bisa meningkatkan awareness masyarakat terhadap pembangunan IKN. Motoran bersama ini juga menunjukkan sinergi antara pemerintah dan publik dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Populer video

Berita lainnya