5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup Dalam Islam

pic by: canva.com

Pemecahan masalah adalah salah satu tantangan hidup terbesar bagi sebagian besar umat manusia. Kebanyakan dari kita bergumul dengan kesulitan hidup sehari-hari tanpa selalu memiliki strategi pemecahan masalah yang praktis. Jadi bagaimana anda bisa mengatasi kesulitan dan menyelesaikan masalah yang anda hadapi dengan menggunakan Islam dan bimbingannya?

Islam memberikan pedoman dan metode dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika nda mengikuti cara hidup ini, dampak keseluruhan yang akan terjadi pada hidup anda adalah memberi anda pola pikir dan alat untuk mengatasi masalah anda. Pola pikir mungkin adalah cara paling penting untuk menghadapi masalah karena dunia kita dikendalikan oleh cara kita memandangnya. Jadi ada lima strategi praktis yang akan saya bagikan kepada anda yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah dan cobaan apa pun dalam hidup.

1. KEPEMILIKAN SENDIRI

Mengambil kepemilikan atas tantangan dalam hidup anda memberi anda kekuatan untuk mengatasinya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengambil rasa kepemilikan atas setiap tantangan yang anda hadapi. Dengan kata lain, ambillah tanggung jawab untuk menghadapi tantangan anda dan jadilah proaktif dalam mencoba mencari solusinya. Jika anda merasa bahwa anda adalah pemilik masalah anda, maka sama seperti pemilik lainnya, anda mempunyai kemampuan untuk memilih bagaimana anda akan menanggapinya, mengendalikannya, atau membentuknya.

2. MENGANDALKAN ALLAH YANG MAHA KUASA

Salah satu gambaran Allah tentang orang-orang yang beriman adalah dengan mengatakan bahwa mereka adalah: “orang-orang yang sabar dan mereka bertawakal kepada Tuhannya”. Surat Al-Ankabut 59. Dalam ayat ini Allah menggambarkan orang-orang beriman sebagai orang-orang yang bersandar kepada Allah.

Dengan bersandar pada Tuhan, anda menerima bahwa Tuhan memegang kendali penuh atas hidup anda dan tunduk pada apa pun yang Tuhan anggap cocok untuk hidup anda. Ketika kita menyampaikan hal tersebut, hal ini akan menghilangkan rasa cemas yang kita rasakan terhadap dampak yang mungkin timbul dari tantangan yang kita hadapi.

3. MENJADI PEMECAH MASALAH

Setiap tantangan yang kita hadapi ibarat permainan yang didalamnya terdapat rintangan yang harus diatasi agar bisa menang. Apa yang anda fokuskan akan menjadi hidup anda. Banyak di antara kita yang hanya fokus pada masalah dan melihat masalah dari segala sudut.

Jadi solusinya adalah mengubah fokus anda dan mulai mencari jalan keluar dari masalah ini. Terkadang masalah bisa diselesaikan dan di lain waktu kita bisa menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penting untuk mengambil langkah mundur dan melihat semua faktor dan sumber daya yang kita miliki yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengatasi masalah tersebut.

4. ZOOM OUT DAN LIHAT GAMBAR BESAR

Melihat gambaran yang lebih besar membantu kita memahami bahwa masalah adalah bagian dari perjalanan hidup. Salah satu tantangan yang kita hadapi adalah kita berharap menjalani hidup tanpa masalah. Namun Allah memberi tahu kita bahwa memang kita akan menghadapi tantangan.

Tantangan-tantangan ini ada untuk membantu kita menjadi orang yang lebih baik. Anda tidak bisa menjadi lebih hebat dari diri Anda yang sebenarnya, jika Anda tidak pernah tertantang untuk melampaui batas Anda, mempelajari hal-hal baru, dan menjadi lebih kuat. Tantangan yang kita hadapi adalah peluang untuk tumbuh dan sukses.

5. BERSABAR DAN ANDA AKAN MENANG

Saya telah belajar bahwa menunggu adalah kesabaran. Dalam Islam kesabaran adalah menahan diri, menahan diri dan bertahan. Dalam ayat yang kita bahas di awal artikel ini, Allah menggambarkan orang-orang beriman sebagai orang-orang yang sabar dan bersandar kepada Tuhannya. Anda lihat ketergantungan didahului oleh kesabaran.

Anda tidak bisa diandalkan jika Anda tidak mau menunggu. Waktu adalah salah satu pemecah masalah yang hebat. Seringkali kita menjadi tidak sabar karena kita tidak menyukai rasa sakit yang terkait dengan masalah tersebut. Namun, rasa sakit juga merupakan indikator pertumbuhan.

Populer video

Berita lainnya