Alfie Alfandy Menyikapi Viralnya Wahda Hara yang Menggunakan Cadar di Kajian Ustaz Hanan Attaki

Alfie Alfandy memberikan tanggapannya terhadap viralnya Wahda Hara yang menghadiri kajian Ustaz Hanan Attaki dengan mengenakan cadar, meskipun Wahda Hara adalah seorang laki-laki yang duduk di shaf khusus wanita.

Alfie mengapresiasi niat baik Wahda Hara dalam mencari ilmu agama, walaupun cara pelaksanaannya kurang tepat. Ia juga mengajak netizen untuk memberikan pengingat dengan cara yang baik tanpa perlu menghujat.

“Beliau sudah memiliki niat baik, hanya saja cara pelaksanaannya kurang tepat. Sebaiknya kita tidak langsung menghujat, tetapi memberikan pengertian secara lembut, ‘ini tidak tepat’, dan memberikan masukan. Mereka membutuhkan bimbingan, bukan kritikan keras,” ujar Alfie Alfandy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2024).

“Jika netizen selalu menghujat setiap orang yang ingin belajar agama, bagaimana mereka bisa mendekatkan diri kepada Allah? Saya pribadi menghargai langkah Wahda Hara untuk hadir dalam kajian tersebut, masya Allah. Namun, memang cara yang digunakan perlu diperbaiki,” tambah Alfie.

Alfie mengakui sudah lama mengenal Wahda Hara dan tidak ingin menghakimi tindakannya. Ia hanya mengingatkan agar tetap menjaga kualitas salat, apa pun keadaannya.

“Sudah lama saya mengenal dia. Dia bilang ‘saya tetap melaksanakan salat’, ‘bagus, pertahankan’. Saya tidak bisa mengomentari lebih lanjut karena saya bukan Tuhan. Tetap pertahankan salatmu, bagaimanapun keadaannya. ‘Iya iya iya’ katanya begitu,” papar Alfie.

Viralnya kehadiran Wahda Hara dengan cadar juga memengaruhi beberapa artis yang turut hadir dalam kajian tersebut. Namun, mereka tidak dianggap memberitahu Wahda tentang kesalahan yang dilakukannya.

“Terkadang teman merasa enggan untuk memberi teguran. Yang perlu ditekankan dalam kasus ini, ketika ada orang yang ingin memperdalam ilmu agama namun cara pelaksanaannya kurang tepat, mari rangkul untuk membimbingnya agar melakukan sesuatu sesuai tuntunan. Kita harus menunjukkan rahmatan lilalamin dari diri kita sendiri,” jelasnya.

Sebagai kelanjutan dari permasalahan ini, Wahda Hara dilaporkan ke Mabes Polri atas dugaan penistaan agama oleh seorang pengacara. Alfie berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

“Mari kita selesaikan dengan kepala dingin. Jangan langsung menggunakan hukum untuk segala hal. Kita butuh pendekatan yang bijak,” pungkasnya.

Populer video

Berita lainnya