Ketahui Penyebab Mulut Kering di Saat Bangun Tidur

Foto: Istimewa

Celebrtihink.com – Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami sensasi terbangun dari tidur dengan mulut terasa kering. Jika ini sering terjadi, bisa jadi Anda mengalami kondisi yang disebut xerostomia atau mulut kering.

Mulut kering terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup air liur. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti dehidrasi yang membuat tubuh kekurangan cairan yang diperlukan untuk memproduksi air liur. Selain itu, bernapas melalui mulut saat tidur juga dapat menjadi penyebab, terutama ketika hidung tersumbat.

Menurut Frank A. Scannapieco, ahli biologi mulut dari Universitas Buffalo, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin mengalami mulut kering di pagi hari. Salah satunya adalah dehidrasi, di mana tubuh membutuhkan lebih banyak cairan dari biasanya. Hal ini terutama penting untuk diwaspadai bagi mereka yang mengonsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan, karena kedua zat ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, kondisi medis tertentu seperti sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur juga dapat berkontribusi terhadap mulut kering. Pada kasus-kasus tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat depresi atau untuk mengobati nyeri juga dapat mengganggu produksi air liur.

Tidak hanya itu, usia juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami mulut kering, karena lebih banyak orang mengonsumsi obat-obatan seiring bertambahnya usia mereka. Menurut Cleveland Clinic, sekitar 1 dari 5 orang dewasa lanjut usia mengalami xerostomia.

Selain faktor-faktor tersebut, ada juga kondisi kesehatan serius lainnya yang bisa menjadi penyebab mulut kering, seperti penyakit autoimun, diabetes, stroke, infeksi jamur mulut, atau bahkan Alzheimer.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Jika Anda mengalami masalah kronis dengan mulut kering, berkonsultasilah dengan dokter atau dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai.

Dengan memahami penyebab mulut kering, diharapkan Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan.

Populer video

Berita lainnya