Teori Cinta Pertama Pria, 7 Dampak Psikologis Cinta Pertama Seumur Hidup

pic by: canva.com

Bisakah pria tidak pernah melupakan cinta pertamanya? Rasa romantisme yang pertama dalam teori ini menempatkan setiap pasangan pada posisi yang tidak menguntungkan. Saat kita jatuh cinta untuk pertama kalinya, teori ini menyatakan bahwa hal itu meninggalkan dampak yang bertahan lama. Kita cenderung berpikir dan memandang cinta pertama kita sebagai “satu-satunya”, menyebabkan kita membandingkan setiap individu yang kita temui setelahnya dengan pasangan asli kita.

Istilah “sindrom cinta pertama” menjelaskan bagaimana pertemuan awal kita dengan faktor emosi menjadi faktor yang kita anggap sebagai cinta sejati. Sepertinya kita secara biologis terprogram untuk mencari perasaan yang sama seperti yang kita rasakan saat pertama kali jatuh cinta. Tapi mengapa demikian? Nah, ketika anda benar-benar meruntuhkan hambatan dalam hubungan, penelitian menunjukkan bahwa ada banyak sekali bahan kimia yang dilepaskan di otak kita. Beberapa di antaranya termasuk oksitosin, dopamin, dan norepinefrin. Bahan kimia ini menciptakan sensasi intens yang mirip dengan kecanduan.

Bagi kebanyakan orang, mereka mengalami cinta pertama mereka saat masih bertumbuh menjadi dewasa. Maka tidak mengherankan jika pengalaman ini meninggalkan kesan yang kuat bagi kita selamanya. Teori cinta pertama pria mengemukakan gagasan bahwa bukan hanya pengalaman romantis pertama anda, bukan sekadar hubungan asmara— ini sebenarnya merupakan tonggak psikologis dan memainkan peran besar dalam membentuk hubungan masa depan anda dalam beberapa cara berbeda. Teori Cinta Pertama Pria Dan 6 Dampak Psikologis Seumur Hidup Darinya:

1. Cinta pertama menanamkan kenangan yang jelas di otak Anda. Cinta pertama mencetak kenangan yang mendalam. Anda tahu jenisnya, kenangan flashbulb yang kuat seiring berjalannya waktu. Mereka tetap jelas dan kuat, membuat anda mengingatnya dengan baik.

2. Cinta pertamamu menjadi bagian dari identitasmu. Cinta pertamamu terasa seperti perpanjangan tubuh dan pikiranmu. Semakin dekat Anda tumbuh dengan mereka, semakin mereka menjadi bagian dari Anda. Meskipun pada akhirnya mungkin menyakitkan, hubungan ini membentuk lima cara Anda mendekati hubungan di masa depan.

3. Mereka menetapkan standar yang anda gunakan untuk mengukur cinta di masa depan. Cinta pertama ini menentukan hubungan seperti apa yang seharusnya bagi Anda di masa depan. Ini membentuk pola di kepala Anda yang membuat orang-orang tertentu menonjol dari orang lain. Sifat atau pengalaman serupa akan membuat Anda merindukan hubungan awal itu lagi.

4. Dengan mereka anda merasakan jati diri yang sebenarnya. Cinta pertama memainkan peran besar dalam diri kita sebagai manusia. Pengalaman positif berubah menjadi penambah kepercayaan diri, sedangkan pengalaman negatif berubah menjadi penurunan harga diri. Empati, keterampilan komunikasi, dan ketahanan emosional semuanya berasal dari pengaruh cinta pertama.

5. Mereka membantu anda memahami definisi cinta yang sebenarnya. Tidak ada pemahaman tentang cinta sampai anda mengalaminya sendiri. Bersama dengan cinta pertama anda, anda berdua menjalani hidup dengan cara anda sendiri dan menghadapi tantangan secara langsung. Mereka ada di setiap langkah untuk membentuk pendapat anda tentang cinta secara keseluruhan.

 6. Kamu mengenalnya lebih baik dari orang lain. Tidak ada yang mengenal orang lain lebih baik daripada cinta pertamanya. Mereka telah melihat satu sama lain tumbuh dewasa, selalu mendukung satu sama lain tanpa meminta imbalan apa pun. Banyak orang berpikir bahwa belahan jiwa mereka adalah cinta pertama mereka mengingat ikatan yang tidak dapat diputuskan antara mereka dan waktu.

7. Berapapun usianya, orang pertama yang kita cintai akan selalu mendapat tempat spesial di hati kita. Hubungan yang membentuk dan mengubah persepsi kita tentang cinta dan mengajari kita arti sebenarnya. Inilah yang banyak orang sebut sebagai “sindrom cinta pertama” bagi pria. Oleh karena itu, tidak apa-apa untuk mengenang dan memikirkan kenangan yang telah Anda bagikan bersama di saat-saat yang lebih santai dan menyenangkan dalam hidup anda. Namun tidak baik jika anda menyalahkan diri sendiri dengan berpikir tidak ada orang di luar sana yang seperti mantan atau cinta pertama anda.

Populer video

Berita lainnya