6 Cara Terbebas dari Panik sehingga Dapat Memperbaiki Segala Situasi Buruk

pic by: canva.com

Saya tidak asing dengan hal-hal buruk yang terjadi dan perasaan hampa di dada saya yang menyertainya. Berikut adalah 6 cara bebas panik untuk memperbaiki situasi buruk apa pun:

1. Lakukan tinjauan rasa khawatir

Saat ini, anda mungkin khawatir. Peristiwa hidup yang sulit dapat memicu kita melakukan penyalahgunaan pikiran yang menyedihkan ini. Bersikaplah nyata tentang seberapa besar kekhawatiran anda, dan lihat apakah anda dapat keluar sejenak dari pemikiran yang terburu-buru ini, sebagai pengamat. Kita bisa menggunakan pemikiran kita yang cerdik untuk merencanakan tindakan bijak kita selanjutnya, atau kita bisa menyerah karena merenungkan hal-hal yang berada di luar kendali kita.

2. Tuliskan lima hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut

Paling tidak, menuliskan ide-ide untuk solusi terhadap masalah yang anda alami adalah hal yang melegakan. Ini mengeluarkan pikiran anda dari kepala dan ke atas kertas. Sesampainya di sini, anda dapat membuat keputusan tentang ide potensial apa yang perlu ditindaklanjuti. Kini, perasaan tersesat dengan cepat digantikan oleh perasaan bahwa anda kembali memegang kendali.

3. Temukan empati

Tidak peduli apa yang dilakukan seseorang yang tidak disetujui orang lain, tetapi ada unsur memaafkan didalamnya. Apakah ada sesuatu yang membuat anda memarahi diri sendiri? Bisakah anda menemukan cara untuk memaafkan diri sendiri? Selalu ada cara untuk melihat sesuatu dari sudut pandang empati. Apakah ada orang lain yang tampaknya menjadi sumber kesedihan anda? Bisakah anda menemukan cara untuk memahaminya dan menemukan empati? Ini membutuhkan keberanian.

4. Putuskan untuk menjadi pejuang yang tidak mau dilemahkan

Meskipun melihat situasi dari sudut pandang empati sangatlah penting, pengalaman yang meresahkan ini tidak berarti hal itu akan melunakkan tekad anda. Anda dapat memutuskan untuk menjadi kuat. Anda dapat memilih untuk tumbuh melalui situasi ini. Semuanya ada dalam perspektif. Merasa tidak enak mengapa hal ini harus terjadi pada anda? Keluarlah dari situasi itu dan temukan harga diri anda. Begitulah adanya, dan sekarang terserah pada anda untuk menjadi berani, melatih semangat hidup dan kreatif anda, dan menemukan jalan keluarnya.

5. Hindari kebiasaan coping yang toxic

Ketika anda kewalahan, sekarang adalah waktu terburuk untuk memperlakukan diri sendiri dengan buruk, bahkan jika anda merasa senang dengan kepuasan instan atas kebiasaan pengecut apa pun yang anda pilih untuk dihidupkan kembali. Tentu saja, anda bisa memanjakan diri dengan es krim dan mandi busa, tetapi prioritas terbesar anda saat ini adalah keluar ke alam terbuka, menghindari sampah, dan banyak istirahat.

6. Jelajahi pikiran anda

Ada hikmah dalam pikiran yang tenang. Dan kebijaksanaan mengatasi kepanikan adalah hal yang anda butuhkan saat ini. Apakah anda mengakses hadiah tersebut melalui berjalan-jalan di hutan atau dengan duduk dalam posisi lotus, inilah cara terhubung dengan bagian diri anda yang lebih bijaksana, rasional, dan kreatif. Ini lebih baik bagi anda daripada pil apa pun. Anda harus yakin bahwa semua jawaban anda ada di sini – dalam pelukan suara jiwa anda.

Populer video

Berita lainnya