Mengapa Sulit Mengikuti Islam di Dunia Modern?

pic by: canva.com

Jadi, mengapa begitu sulit mengikuti Islam di dunia modern? Orang-orang bergumul ketika mencoba untuk hidup secara Islami dan pada saat yang sama bergumul dengan keinginan mereka sendiri terhadap hal-hal yang tidak baik bagi mereka. Apa yang sering kita anggap sebagai perjuangan untuk mengikuti Islam, sebenarnya adalah perjuangan melawan diri kita sendiri dan keinginan kita untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah di mana kita berada.

Allah SWT berfirman: Harta dan anak hanyalah hiasan indah dunia ini, namun amal shaleh akan kekal kekal dan lebih dicintai di sisi Allah dan lebih baik harapannya. Surat Kahfi 46

Allah memberi tahu kita tentang perjuangan besar yang kita hadapi, memberi tahu kita bahwa hal-hal dari dunia material ini telah diperindah untuk kita, sehingga kita akan merindukannya dan mencarinya dalam hidup kita. Jadi begini, 3 cara praktis membuat hidup mudah dengan Islam:

1. UBAH PIKIRAN ANDA

Hal pertama yang harus kita terima adalah kita bergumul dengan keinginan kita sendiri. Cara saya menghadapi hal ini dalam hidup saya adalah dengan mengendalikan sebanyak mungkin apa yang saya ungkapkan dalam pikiran saya. Ini kembali ke apa yang anda masukkan ke dalam mesin pikiran anda. Apapun yang anda masukkan akan menciptakan pikiran yang mengobarkan keinginan anda.

Maka Islam memberikan cara untuk mengatasi keinginan alamiah tersebut. Menghentikan diri anda dari melihat hal-hal yang memicu hasrat anda, baik itu di film, papan reklame, di Internet, atau di tempat kerja anda. Hal ini sesuai dengan nasehat Rasulullah SAW yang memerintahkan kita untuk menundukkan pandangan.

2. UBAH LINGKUNGAN ANDA

Mungkin salah satu hal paling bermanfaat yang pernah saya lakukan untuk membantu diri saya sendiri adalah mengeluarkan diri saya dari situasi di mana saya membuat diri saya rentan terhadap bahaya. Kita belajar hal ini sebagai anak-anak bahwa kita tidak boleh bermain-main dengan hal-hal yang akan menyakiti kita.

Seiring bertambahnya usia, keinginan dan keingintahuan kita menarik kita pada hal-hal yang kita tahu mungkin dapat membahayakan kita. Jika Anda berada di lingkungan di mana semua orang menyakiti dirinya sendiri, tentunya ini bukanlah lingkungan yang sehat. Yang diperlukan hanyalah kita berpikir dan cukup berani untuk berpegang pada prinsip-prinsip Islam dan itu akan membantu kita keluar dari situasi apa pun.

3. GANTI TEMAN ANDA

Rasulullah (saw) menasihati kita untuk sangat berhati-hati dalam memilih teman karena mereka seperti cerminan diri kita. Jadi lihatlah teman-temanmu dan jika kamu melihat dalam diri mereka hal-hal yang tidak kamu sukai, maka lihatlah dirimu sendiri, jujurlah dan tanyakan pada dirimu apakah hal-hal itu ada dalam dirimu. Kemungkinan besar ada banyak kesamaan antara Anda dan teman anda.

Itu adalah cara hidup yang harus anda pilih. Menciptakan lingkungan berdasarkan nasihat Tuhan kepada kita akan membantu anda meredakan pergumulan apa pun yang anda hadapi. Masalah yang kita hadapi sehari-hari semuanya memiliki solusi, namun anda tidak dapat mencapai solusi apa pun tanpa terlebih dahulu memahami masalahnya dengan kejelasan mutlak.

Populer video

Berita lainnya