Melacak Tujuan Perilaku Siswa untuk Meningkatkan Perilaku Baik

pic by: canva.com

Saat ini, para guru dimana pun mulai merasa kewalahan dengan perilaku siswa (atau haruskah saya katakan perilaku buruk). Kegembiraan dan kebaruan di awal tahun ajaran telah memudar dan para siswa semua menunjukkan perilaku penuh mereka! Jika anda kesulitan dengan perilaku siswa di kelas anda dan sedang mencari solusi, berikut beberapa saran mengenai cara anda dapat menetapkan tujuan dan membantu siswa merefleksikan perilaku mereka sendiri.

1. Bagan Perilaku Siswa

Sejauh ini, ini adalah alat yang paling umum digunakan guru ketika menghadapi siswa yang mengalami kesulitan. Anda dapat berbicara dengan siswa anda dan bersama-sama memutuskan tiga tujuan perilaku yang akan anda kerjakan. Anda dapat membuat bagan dari tiga tujuan perilaku siswa sehingga Anda dan siswa  bisa saling mengoreksi perilaku.

2. Papan Hadiah Visual

Beberapa siswa dapat menjadi frustrasi, marah atau tidak termotivasi dengan melihat wajah-wajah cemberut. Apalagi jika perilakunya sangat buruk. Anda tentu tidak ingin siswa pulang ke rumah setiap hari dengan wajah cemberut! Untuk siswa seperti itu saya sarankan menggunakan papan penghargaan visual dari Teaching Differently.

Di sebelah kanan papan anda dapat menempelkan 3 tujuan perilaku yang anda dan siswa sepakati untuk mulai dikerjakan. Siswa dapat memberikan saran untuk beberapa hadiah yang mereka inginkan. Hadiah yang mungkin ada, ada di bagian bawah papan. Setiap hari (atau beberapa kali sehari jika anda mau) siswa memilih satu hadiah dan memindahkannya ke bagian atas papan. Ketika mereka mencapai tujuan mereka, mereka bisa mendapatkan bola atau hal lainnya dalam kasus ini.

Setelah mereka mendapatkan 5 bola. Mereka mendapatkan hadiah yang mereka pilih untuk hari itu. Teaching Different menunjukkan contoh papan hadiah bertema Lego, bertema olah raga, dan bertema binatang. Anda benar-benar dapat menggabungkan minat siswa dan menyesuaikan tema dengan sesuatu yang akan menghubungkan dan memotivasi mereka untuk menggunakannya. Jika anda memiliki seorang gadis yang menyukai unicorn. Jadikan itu tema unicorn! Sangat mengagumkan.

3. Menara Penguatan

Jika siswa anda sedikit lebih tua, atau sepertinya tidak tertarik pada hal-hal seperti stiker atau wajah tersenyum, Anda dapat meminta siswa mengisi toples atau tabung reaksi seperti saran dari Schoolhouse Talk ini. Sekali lagi, sistem ini dapat disesuaikan dengan minat siswa. Anda dapat menemukan penghapus kecil untuk apa saja! Jika seorang siswa menyukai bisbol, keluarlah dan belilah penghapus bisbol kecil dan gunakan itu untuk mengisi toples.

Mintalah siswa menetapkan tujuan perilaku dan memilih hadiah. Setiap kali siswa mencapai tujuannya, mereka dapat menambahkan penghapus, koin, atau kelereng ke dalam toples. Ketika toples terisi, siswa mendapatkan hadiah yang mereka pilih sebelumnya. Pastikan toplesnya tidak terlalu besar atau siswa akan kehilangan motivasi karena terlalu lama mengisi toples tersebut. Saya telah menggunakan teknik ini untuk hadiah seluruh kelas juga.

Saya harap saran ini membantu Anda menghadapi beberapa siswa yang mengalami kesulitan di kelas anda.

Populer video

Berita lainnya