Kenapa Muncul Rasa Malas? 7 Kemungkinan Penyebab Kemalasan

pic by: canva.com

Apakah anda merasa malas dan kurang motivasi? Jika ya, kabar baiknya adalah Anda tidak sendirian. Pada titik tertentu dalam hidup kita, banyak dari kita beralih ke “mode hemat energi, yaitu merasa tidak termotivasi dan tidak bersemangat untuk melanjutkan tugas sehari-hari.

Namun, kabar buruknya adalah kemalasan dapat menghambat kesuksesan anda jika anda membiarkannya terus berlanjut dalam hidup anda. Baik di tempat kerja, sekolah, atau dalam kehidupan pribadi anda, perasaan malas dan tidak termotivasi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kerumitan dalam mengambil tindakan dan maju menuju tujuan Anda.

Untuk mengatasi kemalasan secara efektif, langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebabnya. Ada beragam alasan yang bisa membuat anda merasa malas. Karena dengan mengenali penyebab spesifiknya, Anda akan mampu menyusun strategi untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas. Berikut beberapa penyebab umum rasa malas:

PENUNDAAN

Ini adalah tindakan menunda tugas atau proyek penting. Dalam banyak kasus ketika kita tidak melakukan pekerjaan yang perlu diselesaikan dengan segera, kemalasan berhubungan dengan penundaan. Baik tugas yang ada mendesak atau tidak, lebih baik menyelesaikannya lebih cepat daripada menundanya.

KURANGNYA TUJUAN YANG JELAS

Tahukah anda apa yang sedang anda perjuangkan dalam hidup atau dalam waktu dekat? Atau kamu merasa tidak yakin? Tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, akan sulit menemukan dorongan dan energi untuk mengambil tindakan. Memiliki tujuan dan aspirasi sangat penting untuk tetap termotivasi dan maju.

KURANGNYA DISIPLIN DIRI

Disiplin diri adalah kemampuan untuk mengendalikan perilaku dan tindakan kita sendiri dan ini penting untuk mencapai kesuksesan. Tanpa disiplin diri, kita akan mudah terjerumus ke dalam perangkap penundaan dan menunda tugas-tugas penting demi melakukan aktivitas yang lebih mendesak dan tidak terlalu menantang.

TERLALU NYAMAN DI ZONA NYAMAN ANDA

Apakah Anda biasanya tetap melakukan aktivitas yang familier bagi anda daripada mengambil risiko atau mencoba hal baru? Jika benar, penyebab kemalasan anda kemungkinan besar adalah keengganan anda untuk meninggalkan zona nyaman. Jika kita tidak menantang diri kita sendiri secara teratur, kita mungkin kehilangan peluang dan pengalaman baru yang dapat memberikan kegembiraan dan kepuasan dalam hidup kita.

PERFEKTIONISME / TAKUT KEGAGALAN

Perfeksionisme adalah kecenderungan untuk menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri sendiri dan sangat kritis terhadap potensi kekurangan atau kesalahan. Perfeksionis sering kali menetapkan tujuan yang tidak realistis dan tidak dapat dicapai untuk diri mereka sendiri sehingga dapat menimbulkan ketakutan akan kegagalan dan keengganan mengambil risiko.

GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

Menjalani gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penurunan tingkat energi sehingga meningkatkan rasa lelah. Hal ini dapat membuat Anda “malas” dalam arti tidak termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik dan seringkali mental.

MENGALAMI BURNOUT ATAU STRES

Terakhir, mungkin masalah anda bukan karena rasa malas, melainkan kewalahan dan kelelahan. Jika Anda bekerja terlalu keras, terlalu lama, tanpa meluangkan waktu yang cukup untuk kesejahteraan anda, anda mungkin melakukannya secara berlebihan. Jika anda terus-menerus merasa lelah dan merasa tidak produktif, kemungkinan besar anda memerlukan waktu pemulihan.

Populer video

Berita lainnya