Gempa Mengguncang Bitung dan Ambon Hari Ini

Pict by Pinterest

Hari ini, Rabu (17/7/2024), beberapa wilayah Indonesia diguncang gempa bumi. Hingga pukul 20.00, tercatat dua gempa terjadi.Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pukul 06:39:32 WIB di Bitung, Sulawesi Utara. Gempa tersebut dirasakan di beberapa wilayah, termasuk Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bitung, Tomohon, Ternate, Sitaro, dan Bolaang Mongondow Timur.

Pusat gempa berada di laut, 111 kilometer tenggara Bitung. Koordinat episenternya adalah 1.3 Lintang Utara dan 126.12 Bujur Timur. Gempa ini berkekuatan magnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 kilometer.Tak lama kemudian, pukul 07:08:01 WIB, gempa kedua terjadi di Ambon, Maluku. Episenternya berada pada koordinat 3.8 Lintang Selatan dan 128.31 Bujur Timur.

“Pusat gempa berada di laut, 18 kilometer tenggara Ambon,” ujar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id. Gempa di Ambon ini dirasakan dengan intensitas MMI II dan berkekuatan magnitudo 3,3 dengan kedalaman 15 kilometer. Meski gempa ini terasa di beberapa wilayah, belum ada laporan kerusakan signifikan atau korban jiwa. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mengikuti arahan dari pihak berwenang.

Populer video

Berita lainnya