Tips Mencapai Work Life Balance bagi Karyawan

Produktivitas Kerja
Foto: Istimewa

Celebrihtink.com – Semakin banyak karyawan yang mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka. Banyak dari mereka merasa terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk menikmati hal-hal yang disukai. Beberapa bahkan membawa pekerjaan ke rumah, mengurangi waktu istirahat yang seharusnya mereka miliki.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi setiap orang untuk menerapkan prinsip “work life balance” dalam kehidupan sehari-hari. Menurut artikel dari laman Verywell Mind, ada beberapa cara efektif untuk mencapai keseimbangan ini.

Buat perencanaan atau daftar kegiatan harian

Dengan melakukan perencanaan, seseorang dapat mengidentifikasi kegiatan mana yang memakan banyak waktu. Selain itu, dia juga bisa mengatur strategi untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Istirahat

Abbey Sangmeister, seorang Burnout Coach dari New Jersey, menyarankan untuk mengambil cuti secara berkala sebagai cara untuk meningkatkan keseimbangan tersebut. Selain itu, mengadopsi kebiasaan untuk tidak menggunakan ponsel atau laptop pada akhir pekan juga dapat membantu mengurangi tekanan dari pekerjaan.

Jangan bekerja di luar jam kerja

Sangmeister menegaskan pentingnya menetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu istirahat, serta menghindari membawa pekerjaan ke dalam waktu luang.

Pertimbangkan cari pekerjaan baru

Dengan memperhatikan posisi lain di bidang yang sama atau mempertimbangkan perusahaan lain, seseorang dapat menemukan lingkungan kerja yang lebih mendukung untuk mencapai keseimbangan antara hidup dan bekerja.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan bahwa karyawan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan mengurangi risiko terjadinya burnout akibat tekanan yang berlebihan dari pekerjaan.

Populer video

Berita lainnya